Fintech KoinWorks Optimistis Untung pada 2021 meski Ada Pandemi Corona

koinworks
Ilustrasi platform Koinworks
Penulis: Desy Setyowati
19/11/2020, 15.09 WIB

Perusahaan teknologi finansial pembiayaan (fintech lending), KoinWorks optimistis bisa meraup untung pada tahun depan meski masih ada pandemi corona. Target profit itu mundur dari rencana awal pada tahun ini.

Berdasarkan kajian internal, pandemi virus corona diperkirakan berlangsung hingga pertengahan tahun depan. Akan tetapi, “kami berharap (keuntungan) bisa tercapai pada 2021 dari target 2020,” kata Co-founder sekaligus CEO KoinWorks Benedicto Haryono dalam small group interview secara virtual, Kamis (19/11).

Ia optimistis, pendapatan tumbuh lima kali lipat secara tahunan (year on year/yoy) tahun depan. Sedangkan penyaluran pinjaman ditarget meningkat tiga hingga empat kali lipat.

Saat ini, pendapatan KoinWorks sudah mendekati tingkat sebelum adanya pandemi Covid-19. Sedangkan penyaluran kredit baru sekitar 30-40% dibandingkan pra-pandemi. “Kami cukup senang dengan progres yang dicapai, meski dari segi portofolio pinjaman ada penurunan,” ujar dia.

Dari sisi bisnis, layanan pembiayaan atau peer to peer lending (P2P) menyumbang pendapatan paling banyak. “Tetapi produk yang akan berkontribusi besar tahun depan, dari KoinGaji,” kata dia.

Untuk layanan P2P, KoinWork sudah menyalurkan pinjaman Rp 2,5 triliun kepada lebih dari 30 ribu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) per kuartal III. Rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) sekitar 1-1,14% dengan tingkat keberhasilan pengembalian (TKB90) 97,09% atau melebihi rerata industri 91%.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati