Memahami Cara Mengaktifkan NFC di iPhone dan Penggunaannya

FREEPIK
Ilstrasi, penggunaan NFC untuk top up e-money.
Editor: Agung
17/10/2022, 13.49 WIB

Salah satu fitur penting untuk memudahkan pengguna iPhone bertransaksi, adalah near field communication (NFC). Fitur ini mempermudah berbagai aktivitas dengan konsep tap and go. Konsep yang efektif dan efisien ini tengah digandrungi masyarakat karena mempermudah aktivitas, karena aktivtas dapat dilakukan secara realtime.

Mengutip gramedia.com, konsep tap and go ini menggunakan metode transfer data nirkabel. Pengguna dapat melakukan komunikasi tanpa internet. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi 2 perangkat elektronik dengan jarak kurang dari 4 centimeter (cm).

Berkaitan dengan cara mengaktifkan NFC di iPhone, ponsel pintar besutan Apple ini tidak mensyaratkan langkah khusus. iPhone tidak mewajibkan penggunanya mengaktifkan NFC dengan aplikasi tertentu, atau verifikasi PIN tertentu.

Pasalnya, pengguna dapat langsung memakai NFC. Namun, untuk menggunakannya, tentu harus menggunakan aplikasi perantara agar data yang diinformasikan kepada NFC tepat dan jelas.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

NFC iPhone terletak di bagian belakang bodi atau di bagian kamera belakang. Sementara itu, tidak ada opsi NFC pada sistem perangkat iPhone, seperti yang ditemui pada Android.

Pengguna iPhone bisa memakai NFC untuk pembayaran, jika sudah mengatur paling tidak satu kartu kredit atau debit yang valid. Kartu kredit dan debit ini nantinya akan terhubung dengan dompet dari iOS.

Cara mengaktifkan NFC di iPhone dapat dilakukan dengan lima langkah mudah, yakni sebagai berikut:

  • Masuk ke menu 'Settings' pada perangkat iPhone.
  • Pilih opsi 'Control Center'.
  • Kemudian scroll layar ke bawah hingga menemukan 'NFC Tag Reader'.
  • Geser toggle hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan.
  • Secara otomatis NFC akan aktif.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

NFC memiliki beberapa kegunaan yang membantu pengguna iPhone. Salah satunya, adalah mengecek dan mengisi saldo uang elektronik atau e-money. Namun, untuk penggunaannya, haru dilakukan dengan mengunduh aplikasi yang membutuhkan NFC di iPhone melalui AppStore.

1. Download Aplikasi dengan NFC

Pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi yang memiliki layanan NFC di AppStore. Aplikasi tersebut biasanya merupakan aplikasi transaksi dan scanning, yang mampu melakukan pembayaran non tunai atau cashless.

2. Login dengan Akun yang Ditentukan dalam Aplikasi yang Telah Diunduh

Jika ada persyaratan untuk login, maka pengguna harus login sesuai dengan ketentuan. Masukkan UserID dan password dengan tepat agar transaksi yang dilakukan pun benar.

3. Cek Saldo Kartu dengan Menempelkan Kartu di Bagian Atas iPhone

Pilih menu cek saldo untuk mengecek nominal yang ada pada kartu pembayaran. Caranya, cukup tempelkan kartu pada komponen NFC yang tersedia di bagian atas iPhone.

4. Melihat Nominal Saldo

Saldo dapat langsung terlihat saat melakukan pengecekan dengan menempelkan kartu pada komponen NFC. Pemberitahuan langsung muncul di layar smartphon.

5. Top Up E-Money

Jika ingin melakukan top up, gunakan m-banking atau sistem pembayaran lainnya. Transaksi ini hanya melayani transaksi cashless atau non-tunai, sehingga pastikan saldo telah sesuai dengan besaran nominal yang akan ditransfer.

6. Tempel Kartu untuk Pengecekan Ulang dan Memastikan Dana Telah Masuk

Demi memastikan transfer telah sesuai dengan tujuan, pengguna perlu menempelkan kembali kartu ke komponen NFC untuk melakukan pengecekan ulang. Hal ini penting untuk mengetahui apakah saldo telah diterima atau belum.

Cara mengaktifkan NFC di iPhone memang harus menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut contohnya yakni Tokopedia, m-banking, dan lain sebagainya. NFC biasanya digunakan untuk e-money, seperti BRIZZI, BNI Tapcash, BCA FLAZZ, dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan NFC, teknologi dapat menjadi dokumen identitas elektronik atau kartu kunci. Sistem ini hanya untuk pembayaran non-tunai atau cashless. Perangkat NFC disebut juga perangkat pasif dan aktif. Pasalnya, perangkat pasif NFC memiliki pemancar kecil di dalamnya. Pemancar tersebut mampu mengirimkan informasi ke perangkat lain.

Namun, pemancar NFC pasif tidak bisa memproses informasi yang dikirim dari perangkat lain. Pemancar NFC pasif dapat ditemukan dalam bentuk iklan di dinding gedung. Perangkat NFC yang lainnya yakni perangkat NFC aktif. Perangkat ini mampu menerima, berkomunikasi dengan perangkat lain yang memiliki NFC, dan memproses informasi.

Perangkat NFC aktif ini dapat ditemukan pada smartphone. Selain itu, perangkat NFC aktif juga terdapat pada kartu parkir, kartu e-money, BRIZZI, BNI Tapcash, BCA FLAZZ, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan lengkap terkait NFC dan cara mengaktifkan NFC di iPhone dengan mudah dan cepat. Diketahui NFC pada iPhone telah aktif dengan sendirinya tanpa perlu langkah mengaktifkannya. Namun jika ingin menggunakannya, maka harus menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur penggunaan NFC.