Dibidik Jeff Bezos, Startup YukKulak Fasilitasi Digitalisasi Warung

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Dua orang wanita melintas di deretan warung kaki lima yang tutup akibat sepinya pengunjung akibat pandemi COVID-19 di Jakarta, Kamis (2/4/2020).
2/11/2021, 11.40 WIB

Perusahaan solusi distribusi PT Firmus Solusindo meluncurkan platform e-commerce business to business (B2B) YukKulak. Aplikasi ini memfasilitasi distributor melayani pasar ritel seperti grosir hingga warung untuk berbelanja secara online.

Presiden Direktur Firmus Solusindo Hadi Buntoro mengatakan, persaingan bisnis distribusi semakin ketat. Saat ini, unicorn hingga tiga besar orang terkaya di dunia, Jeff Bezos mulai merambah ke segmen pasar retail seperti warung di Indonesia.

"Untuk itu, kami meluncurkan YukKulak yang membantu para distributor dalam melakukan transformasi bisnis,” ujar Hadi dalam siaran pers, Senin (1/11).

Dalam melayani distributor menjangkau warung dan segmen ritel lainnya, YukKulak menggunakan Closed Loop System. Ini memungkinkan distributor mengelola pelanggan di dalam jaringan secara mandiri. 

Distributor juga bisa menawarkan produk yang dapat disesuaikan dengan karakteristik warung. Selain itu, dapat mengelola program loyalti bagi warung.

Ada juga fitur Multi-Principal yang memudahkan tim penjualan dalam mengelola, memonitor, dan mengevaluasi performa penjualan.

YukKulak juga mempunyai fitur back-end yang terintegrasi dengan aplikasi lain, mulai dari manajemen rantai pasok atau supply chain management hingga perhitungan keuangan alias financial accounting management.

Integrasi dapat dilakukan secara otomatis, machine to machine, semi-otomatis, dan manual.

Hadi mengatakan, melalui kemampuan teknologi itu distributor bisa mendapatkan beragam manfaat. Salah satunya, dapat mengirim order setiap saat dan fleksibel.

Berdasarkan data internal perusahaan, pengguna bisa mendapatkan 15% - 20% order penjualan setelah bergabung di YukKulak.

Pengguna juga bisa mengurangi biaya penjualan hingga 10% dari total. Selain itu, meningkatkan jangkauan operasional, loyalitas pelanggan, proses bisnis internal hingga brand image perusahaan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan