Startup pariwisata alias online travel agent (OTA) Tiket.com mencatatkan pertumbuhan bisnis 40% dibandingkan tahun lalu. Padahal, sempat ada gelombang kedua pandemi corona dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahun ini.
Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa menilai, pertumbuhan bisnis ini merupakan sinyal pergerakan roda pariwisata nasional. Utamanya, karena percepatan vaksinasi Covid-19.
Untuk memaksimalkan faktor tersebut terhadap pertumbuhan bisnis, Tiket.com menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Di awal tahun ini, kami berkomitmen untuk berfokus pada pemulihan pariwisata nasional,” kata Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) Tiket.com Gaery Undarsa dalam keterangan pers, Selasa (21/12).
Startup itu pun membuka sentra vaksinasi Covid-19 di beberapa kota seperti Jakarta dan Yogyakarta. Selain itu, membuat fitur ToDo guna memudahkan konsumen melakukan tes Antigen dan PCR.
Lalu, mengintegrasikan platform dengan PeduliLindungi. “Menjadi salah satu kanal informasi perubahan peraturan perjalanan dan menyelenggarakan berbagai lokakarya bagi para pemangku kepentingan di destinasi wisata,” ujar dia.
Tiket.com juga menyelenggarakan berbagai program yang berfokus pada konsumen atau customer-centric. Caranya, memberikan sejumlah promosi, membuat fitur tiket FLEXI yang memudahkan mengganti jadwal perjalanan, serta mengadakan predikat tiket CLEAN untuk mendorong angka kunjungan ke tempat wisata dan properti hunian seperti hotel.
Dengan beragam strategi itu serta pembatalan PPKM level 3 serentak saat libur Natal dan Tahun Baru, performa Tiket.com naik 80% pada kuartal IV dibandingkan kuartal sebelumnya.
Transaksi tiket pesawat tumbuh hingga 45% selama periode Online Tiket Week (OTW) dibandingkan dua minggu sebelumnya. Produk yang paling diminati yakni:
- Penerbangan dengan destinasi favorit dari Jakarta ke Medan, Denpasar, dan Surabaya untuk penerbangan domestik. Sedangkan tujuan internasional yakni Istanbul, Turki.
- Hotel di Bali. Diikuti oleh hotel dan akomodasi di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
- Produk perlengkapan pokok perjalanan dan tiket masuk ke berbagai atraksi wisata di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat di fitur tiket To Do.
Secara keseluruhan, ajang OTW berkontribusi besar terhadap total pemesanan pada kuartal IV di platform Tiket.com.
Tahun depan, Tiket.com menargetkan pertumbuhan transaksi sejalan dengan rebound permintaan liburan dan pariwisata. Gaery menyampaikan, perusahaan akan mempertajam fokus pada peningkatan pelayanan kebutuhan nasabah.
Selain itu, berfokus menjadi platform perjalanan dan gaya hidup. “Pendekatan strategis seperti penetapan fondasi harga, kelengkapan inventori produk layanan jasa, serta kemudahan penggunaan aplikasi,” katanya.