Gojek & Tokopedia Makin Serius Bidik UMKM, Perkuat Bisnis Lewat 3 Cara
GoTo memperkuat sinergi Gojek dan Tokopedia melalui tiga cara yakni, situs web Mitra Usaha GoTo, Plus by GoTo, dan fitur GoFood. Langkah ini utamanya membidik Usaha Mikro, Keci, dan Menengah (UMKM).
Decacorn itu meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo hari ini (23/8). Ini merupakan pusat informasi terintegrasi bagi UMKM lokal, termasuk lebih dari 15,1 juta mitra usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.
“Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha,” ujar Corporate Affairs GoTo Nila Marita dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/8).
Fungsi dari situs web tersebut yakni:
- Membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir
- Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS
- Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore
- Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia
- Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala
- Seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG)
- Inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) hasil kolaborasi dengan Kemenkop UKM, dapat memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). UMKM dengan NIB terdaftar bisa mendapat kemudahan pengembangan usaha di antaranya sertifikasi halal, akses peminjaman modal hingga program bantuan pemerintah.
Bentuk penguatan sinergi ekosistem GoTo selanjutnya yakni PLUS by GoTo di platform Tokopedia. Pengguna bisa menggunakan paket ini untuk mendapatkan pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan pesanan lebih cepat, layanan prioritas hingga keuntungan eksklusif lain dari mitra strategis seperti Halodoc dan Vidio.
“PLUS by GoTo adalah contoh sinergi strategis antar-ekosistem di dalam Grup GoTo yang menawarkan nilai tambah kepada pengguna,” kata Direktur/Head of Marketplace Grup GoTo Anthony Wijaya dalam keterangan pers.
Insentif yang diberikan melalui PLUS by GoTo yakni:
- Biaya langganan mulai dari Rp 150 ribu per enam bulan selama periode promo. Artinya, butuh sekitar Rp 25 ribu per bulan, termasuk untuk pengiriman same-day.
- Diskon pembelian obat dan konsultasi dokter melalui Halodoc
- Diskon hingga 99% untuk streaming FIFA World Cup Qatar 2022™ melalui platform Vidio
- Kupon eksklusif Tokopedia NOW!
- Layanan pelanggan prioritas dari Tokopedia Care
Langkah ketiga GoTo dalam memperkuat ekosistem yakni menghadirkan fitur GoFood di platform Tokopedia. “Ini langkah awal dari salah satu strategi sinergi di ekosistem GoTo, dengan memperluas akses pelanggan, mitra dan merchant,” kata Direktur sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangan pers.
Layanan GoFood di Tokopedia dapat diakses melalui widget yang ditampilkan di laman utama aplikasi Tokopedia versi 2.188 dan selanjutnya untuk iOS serta versi 3.182 ke atas di Android.
Pemilik Usaha Space Roastery dan perwakilan Mitra Usaha GoTo William Christiansen mengatakan, setiap solusi bisnis di ekosistem GoTo membantu perusahaan dari sisi penjualan, operasional, program loyalitas hingga pembayaran online.
“Space Roastery dapat meningkatkan penjualan hingga 143% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar William.