Grab mencatat pemesanan GrabFood per bulan tahun ini 1,5 kali lipat dibandingkan 2019, berdasarkan data internal. Bahkan, ada konsumen yang memesan Rp 9,9 juta sekali transaksi.
“Nilai belanja terbesar dalam satu pesanan pada tahun ini Rp 9,9 juta. Apakah itu Anda?” kata Grab dalam laporan bertajuk ‘Tren Layanan Pesan-Antar Online 2022’, Jumat (30/12).
Pengeluaran konsumen untuk berbelanja makanan di GrabFood dan membeli makanan di GrabMart naik 1,3 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Ini berdasarkan survei terhadap 13.720 pengguna di Asia Tenggara selama November 2021 – Mei 2022.
Pengguna layanan GrabFood dan GrabMart terbanyak yakni keluarga muda. Rinciannya sebagai berikut:
- 81% keluarga memiliki anak memesan delapan kali GrabFood sebulan
- 80% keluarga memiliki anak memesan 10 kali GrabMart sebulan
Alasannya yakni:
- Sibuk untuk memasak
- Tidak perlu mengantre
- Menyenangkan keluarga
- Mencari produk dengan santai
- Promosi
Managing Director, Regional Head of Commercial at Grab Saad Ahmed menyampaikan, sembilan dari 10 konsumen menyukai berbelanja online to offline (O2O) atau omnichannel. “Ini tentang kenyamanan. Satu aplikasi untuk menelusuri, memesan, membayar dan membaca ulasan,” kata dia.
Kuliner Paling Laris di GrabFood Indonesia
Grab menyebutkan pesanan yang paling laris di GrabFood Indonesia pada 2022, di antaranya:
- Nasi Goreng
- Teh
- Ayam Goreng
- Mie Iblis
- Udang Keju
- Tempe
- Ayam Bakar
- Ayam Geprek
- Kopi
- Nasi Rendang
Waktu pemesanan GrabFood sebagai berikut:
Sedangkan produk yang paling banyak dibeli melalui GrabMart pada tahun ini sebagai berikut:
- Mi Instan
- Sayuran
- Kopi
- Nasi
- Minyak Goreng
- Daging Ayam
- Telur
- Gula
- Susu
- Botol Minuman
“Orang Indonesia tidak pernah bosan dengan mi instan. 10 bungkus mi instan terjual setiap menit tahun ini,” kata Grab.