Ekspor ke Malaysia hingga Hong Kong, Bukalapak Bakal Rilis BukaGlobal

Bukalapak.com
Ilustrasi BukaGlobal
Penulis: Desy Setyowati
16/5/2019, 14.26 WIB

Perusahaan di bidang e-commerce, Bukalapak berencana merilis fitur BukaGlobal. Melalui fitur ini, penjual di Bukalapak bisa mengekspor barang ke luar negeri.

Berdasarkan informasi di situs resmi Bukalapak, peluncuran perdana BukaGlobal akan melayani pengiriman barang ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, dan Taiwan. Kabarnya, fitur ini akan dirilis secara resmi awal pekan depan.

Namun, jasa pengiriman BukaGlobal ini untuk sementara hanya bisa diaktifkan oleh pelapak terpilih di Jakarta dan Tangerang. “Jasa pengiriman BukaGlobal hanya berlaku satu arah dari Indonesia ke luar negeri. Layanan ini belum mendukung pengiriman dari luar ke dalam negeri alias impor,” demikian dikutip dari situs resmi Bukalapak, akhir pekan lalu (10/5).

(Baca: Lewat BukaModal, Bukalapak Salurkan Kredit ke 700 Lebih Peminjam)

Untuk bisa menggunakan layanan BukaGlobal ini, metode pembayaran yang tersedia adalah kartu kredit, kartu debit, dan collection point yang disediakan oleh local remittance agent. Pembayaran transaksi juga menggunakan mata uang rupiah.

Pembeli dapat mengakses fitur BukaGlobal melalui deretan menu di halaman utama Bukalapak. Lalu, pembeli dapat memilih negara yang akan menjadi tujuan pengiriman barang. 

(Baca: Shopee Target Ekspor 5 Ribu Produk Lokal ke Malaysia dan Singapura)

Selain Bukalapak, Shopee tengah mengembangkan layanan ekspor lewat program Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global. Shoppe menargetkan bisa mengekspor 5 ribu produk buatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke Malaysia dan Singapura pada tahun ini.

Shopee bakal memilih 10 dari sekitar 50 ribu mitra penjual untuk menjalankan program ini. Kriterianya, mitra tersebut harus memproduksi barang sendiri atau bukan reseller. Shopee juga akan mengkaji kualitas produk dan kesiapan mitra memproduksi barang. Selain itu, riwayat transaksi mitra penjual harus baik.

Layanan ekspor seperti ini lebih dulu dikembangkan oleh Lazada sejak 2017. Lazada mulai mengekspor produk Indonesia ke Malaysia dan Singapura pada Mei 2018. Selain itu, Lazada berencana mengekspor produk lokal ke Filipina, Thailand dan Vietnam.

(Baca: Penjualan Produk Lintas Negara di Lazada Naik 460 % sejak 2016)

Reporter: Desy Setyowati