Perusahaan e-commerce Tokopedia dan Shopee mulai menggelar promo untuk menyambut Ramadan. Kedua perusahaan berharap, promo Ramadan yang diberikan bisa meningkatkan transaksi di masing-masing platform.
Tokopedia menggelar Ramadan Extra sejak 6 hingga 17 Mei 2019. Dalam program yang sama pada Ramadan tahun lalu, Tokopedia menggaet 73 juta orang pengunjung ke platform-nya. Angka tersebut setara dengan 13 kali jumlah penduduk Singapura.
Untuk menggaet lebih banyak pengunjung, Tokopedia menambahkan beberapa promo dan fitur selama Ramadan tahun ini. “Animo masyarakat yang sangat besar selama Ramadan Ekstra tahun lalu memacu kami untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan Ramadan,” ujar Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak dalam siaran pers, Senin (6/5).
Promo yang ditawarkan berupa gratis ongkos kirim (ongkir) tanpa minimum transaksi, kupon Tokopedia Hadiah Ramadan (THR) berupa uang kembali alias cashback, dan paket umroh. Tokopedia juga menyediakan fitur TopDonasi yang memungkinkan pengguna bersedekah mulai dari Rp 500.
(Baca: Promo Ramadan Bikin Tokopedia Lebih Ramai Ketimbang Instagram)
Nuraini menambahkan, penjualan pada saat puncak Ramadan Ekstra tahun lalu setara dengan jumlah transaksi Tokopedia selama lima tahun pertama operasionalnya. Tercatat pula produk terlaris selama Ramadan Ekstra tahun lalu adalah baju koko, gamis, dan kurma.
Selain Tokopedia, Shopee memberikan promo lewat kampanye Big Ramadhan Sale. Lewat kampanye itu, Shopee memberikan hadiah atas permainan Goyang Shopee senilai Rp 10 Miliar, umroh, gratis ongkir sebanyak 10 kali, dan potongan harga hingga 90 %.
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, transaksi meningkat lima kali lipat selama Ramadan tahun lalu atau mencapai 1,5 juta. “Tahun ini, kami kembali hadirkan kampanye Big Ramadhan Sale di 515 kota dan kabupaten di Indonesia, sejak 22 April sampai 31 Mei 2019,” kata dia.
Shopee menargetkan transaksi mencapai lebih dari 1,5 juta selama Ramadan kali ini. “Ramadan itu bulan yang sangat penting buat e-commerce, karena biasanya masyarakat punya antusiasme yang lebih untuk berbelanja, khusunya dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR), " ujar Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar.
(Baca: Shopee Targetkan Lebih dari 1,5 Juta Transaksi di Ramadhan Tahun Ini)
Rezky menjelaskan, pada Ramadan tahun lalu terdapat tiga kategori terfavorit di platform-nya yakni busana muslim, kecantikan, dan elektronik. Ia mencatat, penjualan ketiga produk tersebut tumbuh tiga kali lipat selama pekan THR turun pada Ramadan tahun lalu.