Cina akan Pasarkan Mobil Terbang Tahun Ini, Harga Mulai Rp 2,2 Miliar

YouTube/Xpeng
Mobil terbang buatan perusahaan Cina.
Penulis: Happy Fajrian
21/4/2024, 19.40 WIB

XPeng, EHang, dan perusahaan Cina lainnya akan mulai mengkomersialkan mobil terbang tahun ini. Mereka akan memanfaatkan keunggulan Cina dalam teknologi mobil listrik untuk merebut pangsa besar di pasar global yang sedang berkembang.

XPeng AeroHT, anak perusahaan dari startup kendaraan listrik, bertujuan untuk menjual kendaraan dual-mode electric vertical take-off and landing (eVTOL), yang dapat melaju di darat seperti mobil dan melepaskan modul terbang untuk perjalanan udara.

“Kendaraan eVTOL biasa tidak dapat melaju di darat, tetapi model kami dapat digunakan ganda,” kata Qiu Mingquan, wakil presiden di XPeng AeroHT, seperti dikutip dari Nikkei Asia pada Minggu (21/4).

Otoritas Penerbangan Sipil Cina telah memulai peninjauan sertifikasi tipe untuk mobil terbang tersebut, yang merupakan persyaratan untuk operasi komersial.

XPeng AeroHT akan mulai menerima pre-order di Cina pada awal Oktober, dengan rencana untuk memulai produksi massal paling cepat tahun depan. Permintaan diharapkan dari perusahaan yang berhubungan dengan pariwisata dan penggemar aktivitas luar ruangan.

Mobil terbang ini akan dibanderol dengan harga 1 juta yuan atau sekitar Rp 2,2 miliar. Namun Qiu mengatakan perusahaan berharap pada akhirnya bisa menurunkan harga hingga ratusan ribu yuan.

“Jika produksi massal dalam skala besar dapat dilakukan, kita dapat mengurangi biaya secara signifikan untuk bahan-bahan seperti serat karbon,” katanya.

Perusahaan berencana melakukan ekspansi ke luar negeri. “Timur Tengah adalah pasar yang penting bagi kami, mengingat tingkat regulasi, keterbukaan terhadap hal-hal baru, dan biaya,” kata Qiu.

Perusahaan juga bertujuan untuk mengkomersialkan mobil terbang eVTOL penggunaan ganda terintegrasi yang tidak memerlukan pemisahan, di mana baling-baling penerbangan dilipat dan disimpan di atas kendaraan saat berkendara. Sebuah model konsep ditampilkan di pameran dagang teknologi Las Vegas pada bulan Januari.

EHang memperoleh sertifikasi tipe untuk model EH216-S pada bulan Oktober. Mobil terbang dua tempat duduk ini dapat terbang selama 25 menit dengan sekali pengisian daya. Ini mulai dijual pada tanggal 1 April seharga 2,39 juta yuan di Cina dan US$ 410.000 di tempat lain.

Bulan lalu, startup tersebut menerima izin untuk memproduksi mobil terbang secara massal. Mereka berharap dapat bermitra dengan hotel dan bisnis lain untuk mengkomersialkan layanan pariwisata. “Kami telah menerima pertanyaan dari Timur Tengah dan Asia Tenggara,” kata Wakil Presiden EHang He Tianxing.

Cina menyumbang 50% dari total model eVTOL dunia, menurut laporan China Merchants Securities bulan lalu, jauh di atas AS yang sebesar 18% dan Jerman yang sebesar 8%. Di balik kemajuan pesat sektor mobil terbang Cina adalah akumulasi teknologi terkait kendaraan listrik, termasuk baterai.

Baterai untuk kendaraan eVTOL dikatakan membutuhkan kepadatan energi yang tinggi, lebih dari 400 watt-jam per kilogram berat.

Produsen baterai Cina seperti CATL, pemimpin global dalam baterai kendaraan listrik, sedang mengembangkan produk untuk mobil terbang eVTOL, sehingga memberikan keuntungan bagi pabrikan Cina dalam pengadaan.

Banyak teknologi yang dapat dibagi antara bisnis otomotif dan eVTOL. CITIC Securities mengatakan bahwa "teknologi manufaktur mobil yang mengurangi bobot mendukung realisasi mobil terbang."

Produsen mobil besar milik negara Guangzhou Automobile Group sedang mengembangkan kendaraan GOVE eVTOL, yang bagian mobilnya terpisah dari sasis kendaraan, dan uji terbangnya akan dimulai tahun depan. Anak usaha Geely, Aerofugia, membuat mobil terbang eVTOL yang mampu menampung enam orang dan terbang jarak jauh.

Banyak kota di Cina mengalami kemacetan lalu lintas yang parah, sehingga meningkatkan ekspektasi terhadap kendaraan eVTOL untuk menawarkan sarana transportasi dan logistik alternatif.

Bisnis eVTOL, drone, dan helikopter di Cina secara kolektif dikenal sebagai ekonomi dataran rendah. Partai Komunis Cina mengatakan pada sebuah konferensi pada bulan Desember bahwa mereka akan berupaya untuk mendorong perekonomian dataran rendah tahun ini, bersama dengan industri bioteknologi dan luar angkasa.

Pemerintah daerah juga memberikan dukungan. Shenzhen memulai langkah-langkah pada bulan Desember untuk mendukung perusahaan-perusahaan di lapangan guna meningkatkan modal dan memperluas produksi. Guangzhou juga telah mengumumkan rencana untuk menyiapkan area uji lapangan bagi bisnis terkait.

Namun, masih terdapat kendala dalam penggunaannya secara luas. Titik lepas landas dan pendaratan masih sedikit, dan peraturan lalu lintas untuk pengemudi individu belum ada. “Kami akan terpaksa terbang relatif jarang selama beberapa tahun ke depan,” kata seorang eksekutif perusahaan eVTOL.

Menghasilkan keuntungan juga tidak mudah. EHang mengalami kerugian bersih sebesar 300 juta yuan tahun lalu. Perusahaan belum mampu merealisasikan pengurangan biaya dari produksi massal.

Pada November, short seller AS Hindenburg Research mempertanyakan validitas sertifikasi tipe EHang dan angka preorder, tuduhan yang dibantah oleh perusahaan tersebut. Untuk memenuhi permintaan yang luas, pembuat mobil terbang eVTOL mengincar pasar luar negeri.

Pasar eVTOL global diperkirakan akan mencapai US$ 23,4 miliar pada 2030, sekitar 19 kali lipat dibandingkan tahun lalu, menurut perusahaan riset Global Information and MarketsandMarkets. Selain Cina, pertumbuhan diperkirakan terjadi di Amerika Utara, Eropa, dan Timur Tengah.

Untuk menjalankan operasi komersial di luar negeri, diperlukan sertifikasi jenis dari masing-masing negara. Startup AS, Joby Aviation, telah mengajukan permohonan sertifikasi di AS, Inggris, dan Jepang.