Menkeu Sri Mulyani Raih Climate Hero Award dari FPCI

Youtube FPCI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima penghargaan Climate Hero Award dari Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) dalam Indonesia Net-Zero Summit yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (24/8).
Penulis: Hari Widowati
26/8/2024, 08.54 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima penghargaan "Climate Hero Award" dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) atas komitmennya dalam memerangi perubahan iklim demi kebaikan ekonomi bangsa.

"Saya merasa rendah hati sebagai penerima Climate Hero Award, saya tahu betul climate change adalah sebuah tantangan umat manusia. Jadi, saya anggap Climate Hero Award ini saya kembalikan kepada Anda semuanya, yang terus setiap hari punya semangat untuk memerangi climate change," ujar Sri Mulyani dalam Indonesia Net-Zero Summit (INZS), di Jakarta, Sabtu (24/8).

FPCI memberikan penghargaan ini kepada Sri Mulyani sebagai bentuk apresiasi atas upayanya dalam memerangi perubahan iklim dari sisi dampak ekonomi. Sri Mulyani menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut dan menekankan bahwa perjuangan melawan perubahan iklim adalah tanggung jawab bersama seluruh umat manusia.

"Dalam setiap perjualan, kita membutuhkan sebuah tahapan atau milestone yang membuat kita mampu terus menjaga harapan," ujar Sri Mulyani.

Perubahan Iklim Jadi Tantangan Eksistensial bagi Dunia

Ia juga mengatakan bahwa perubahan iklim adalah tantangan eksistensial bagi dunia. Tidak ada satu pun individu yang bisa mengklaim sebagai satu-satunya pahlawan dalam melawan perubahan iklim.

Sri Mulyani mengingatkan pentingnya melibatkan semua sektor, termasuk para menteri keuangan dan pembangunan, dalam upaya global memerangi perubahan iklim.

Sejak terlibat secara resmi dengan isu perubahan iklim pada 2007, saat Indonesia menjadi tuan rumah COP ke-13 di Bali, Sri Mulyani aktif mengajak para menteri keuangan di seluruh dunia untuk ikut serta dalam diskusi mengenai dampak ekonomi dari perubahan iklim.

Menkeu mengapresiasi semangat dan tekad generasi muda yang hadir dalam INZS dalam memerangi perubahan iklim.
Ia juga mendorong generasi muda untuk melengkapi diri dengan kompetensi teknis dan integritas dalam menghadapi tantangan global ini.

"Tantangan perubahan iklim sangat kompleks dan membutuhkan kontribusi dari semua orang. Perang terhadap climate change membutuhkan teknologi, kebijakan yang tepat, dan semangat yang tak pernah padam,” ujar Sri Mulyani.

Ia menilai penghargaan itu adalah milik semua orang yang terus berjuang melawan perubahan iklim. "Semangat terus melawan tantangan perubahan iklim, dan semoga seluruh umat manusia bisa menyelamatkan bumi dan eksistensi manusia," kata Sri Mulyani.