Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan tren penguatan pada perdagangan Rabu (16/10).  Penguatan bursa kali ini akan didorong oleh keputusan suku bunga Bank Indonesia (BI). 

Phintraco Sekuritas menilai, pasar menantikan pertemuan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang dijadwalkan pada hari ini untuk mengetahui arah kebijakan moneter, serta kebijakan suku bunga acuan.

Pelaku pasar memperkirakan Bank Indonesia akan menahan suku bunga acuan ke level 6% pada pertemuan tersebut. Dengan proyeksi itu, maka IHSG berpeluang menguat pada hari ini. 

"Jika IHSG mampu bertahan di atas level 7,600, maka akan berpotensi melanjutkan penguatan ke level 7,650," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Rabu (16/10).

Rekomendasi Saham Pilihan

Untuk itu, Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham yang berpotensi cuan, mulai dari PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), PT Saratoga Investama Tbk (SRTG), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), dan PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Sementara itu, MNC Sekuritas memperkirakan penguatan IHSG akan relatif terbatas untuk menguji level 7.625-7.680. Selanjutnya IHSG akan rawan terkoreksi kembali ke area 7.347.

Support merupakan area harga saham tertentu yang diyakini sebagai titik terendah pada satu waktu. Saat menyentuh support, harga umum saham akan kembali naik karena peningkatan pembelian.

Sedangkan resistance merupakan tingkat harga saham tertentu yang dinilai sebagai titik tertinggi. Setelah saham menyentuh level ini, biasanya akan ada aksi jual cukup besar hingga laju kenaikan harga saham tertahan.

MNC Sekuritas merekomendasikan buy on weakness pada saham PT Astra International Tbk (ASII) dengan rentang harga 4.840-4.880. Lalu buy on weakness sebagian pada saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan rentang harga 4.830-4.920.

Selanjutnya buy on weakness pada saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dengan rentang harga 4.110-4.160. Rekomendasi selanjutnya untuk speculative buy pada saham PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) dengan rentang harga 2.300-2.320.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail