Ada Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Menko Airlangga Mengaku Belum Dapat Undangan

Kemenko Perekonomian
Menko Airlangga Hartanto
30/7/2024, 14.58 WIB

Beredar kabar terkait reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pelantikannya akan dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Berkaitan dengan hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara.

Hanya saja Airlangga mengaku belum mengetahui kabar tersebut dan tidak menerima undangannya. "Wah saya belum tahu itu. Belum ada undangannya juga," kata Airlangga di Gedung Kemenko Ekonomi, Jakarta, Selasa (30/7).

Meskipun begitu, Airlangga memastikan hingga saat ini masih dalam rencana menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia pada 17 Agustus 2024. Sehingga, Airlangga masih menunggu kepastian dan undangan resmi.

"Tetap (ke upacara di IKN). Nanti tunggu dari undangan sekretariat negara," ujar Airlangga.

Bantahan Istana Kepresidenan

Di tengah kabar reshuffle tersebut, Istana Kepresidenan membantah adanya perombakan kabinet. Istana membantah kabar bahwa Jokowi akan merombak kabinet untuk mengangkat Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menggantikan Arifin Tasrif dalam waktu dekat.

"Tidak betul, sampai saat ini belum ada rencana maupun agenda reshuffle kabinet," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Hal serupa juga dikatakan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana. Dia mengaku belum mengetahui informasi ihwal agenda reshuffle kabinet tersebut. 

"Kami belum mendengar hal tersebut, pergantian menteri adalah hak prerogatif presiden," ujar Yusuf.

Reporter: Rahayu Subekti