Stasiun Manggarai terus berbenah diri. Ada jalur layang atau elevated yang beroperasi sejak 25 September kemarin sebagai lintasan kereta commuter jurusan Bogor-Depok ke Jakarta Kota atau Bogor-Depok yang hanya ke Manggarai.
Sebagai simpul pertemuan kereta, hub ini terintegrasi dengan Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Di bagian atas ada empat jalur kereta commuter lintas Bogor, sementara di lantai paling bawah dua jalur kereta bandara. Seluruh jalur tersebut sudah beroperasi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pekan lalu meninjau stasiun sentral ini. Gedung baru itu, kata Budi Karya, untuk transit para penumpang dari Bogor atau Depok dan Jakarta Kota. Dengan banyaknya lintasan dan kereta transit, tak heran Stasiun Manggarai termasuk yang paling sibuk di Ibu Kota.
Walau sudah beroperasi, masih ada beberapa bagian dalam penyelesaian. Hingga kemarin, progres pengembangan stasiun ini mencapai 90,3 persen.
Menurut Mila, pengguna jasa commuter line, perkembangan Stasiun Manggarai sudah sangat baik. "Semua sudah terintegrasi. Namun belum semua beroperasi seperti lift sehingga penumpang masih berdesakkan saat menaiki tangga," kata perempuan 32 tahun ini, Kamis 29 September 2021.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang antre sebelum menuju peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021).Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang berjalan menuju peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang berjalan menuju peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021).Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menaiki eskalator menuju peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menuggu di peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menuggu di peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menuggu di peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menuggu di peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menuggu di peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menuggu di peron jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai telah beroperasi yang terdiri dari empat peron bagi penumpang KRL Commuter Line relasi Jakarta-Bogor, Hingga hari ini, progres konstruksi Stasiun Manggarai sudah mencapai 90,3 persen.