Selama GIIAS 2023 berlangsung, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatat penjualan dengan SPK sebanyak 5.769 unit. Duo generasi terbaru Avanza-Veloz tetap menjadi yang terlaris, terjual 1.213 unit, setara 20,9 persen.
Selain itu, ada All New Kijang Innnova Zenix yang laku 823 unit (14,2 persen). Angka ini terutama berasal dari penjualan varian Hybrid, porsinya lebih dari 80 persen.
Terjual pula model low cost green car atau LCGC Toyota Calya 816 unit (14,1 persen) dan All New Agya 648 unit (11,2 persen). TAM juga menghadirkan produk terbaru All New Alphard 382 unit (6,6 persen).
Vice President TAM Henry Tanoto mengatakan, semangat Toyota menghadirkan beragam carbon neutral mobility solution dengan membawa formasi lengkap electrified vehicle (xEV) di GIIAS menghasilkan penjualan di luar ekspektasi.
“Hasilnya melampaui ekspektasi kami dan berkontribusi besar kepada penjualan, ini membuktikan bahwa kendaraan ini semakin dikenal dan diminati masyarakat,” ujar Henry, dikutip dari siaran pers, Kamis (24/8).
Melihat kepercayaan dan antusias pelanggan yang tinggi, imbuhnya, TAM berharap perekonomian nasional dan industri otomotif tumbuh semakin kuat. Hal ini sekaligus mempercepat langkah menuju masyarakat netralitas karbon.
Melalui strategi multi pathway, Toyota memperkenalkan berbagai teknologi elektrifikasi lengkap kepada masyarakat. Mulai dari hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV).
Varian xEV mendominasi komposisi penjualan khususnya pada model yang memiliki opsi tipe dengan teknologi elektrifikasi.
Contohnya, All New Kijang Innova Zenix Hybrid yang mencatat SPK sebanyak 658 unit, All New Alphard Hybrid 305 unit, All New Yaris Cross Hybrid 222 unit, Toyota BZ4X lima unit, dan RAV4 PHEV GR Sport tiga unit.
TAM mencatat, total SPK xEV sebanyak 1.255 unit. Angka ini setara 22 persen dari seluruh penjualan Toyota selama pameran GIIAS 2023. Dengan kata lain, terjadi kenaikan lebih dari sepuluh kali lipat dibandingkan GIIAS 2022 sejumlah 114 unit.
Selain itu, Toyota juga melakukan pengembangan flex-fuel technology untuk kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE). Corolla Cross Hybrid dan Fortuner, yang sudah 100 persen kompatibel dengan bioetanol (E100), mengundang perhatian pengunjung main booth Toyota.
Kendaraan ini tampil bersama concept car Corolla Cross yang sanggup menggunakan BBM hidrogen murni (H2).
Semua model ICE terbaru dirancang supaya dapat memakai bahan bakar Bioetanol (E10) dengan mudah tanpa perubahan apapun.
Toyota memang berupaya mengajak pelanggan untuk memberikan kontribusi lebih besar guna mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan menekan emisi karbon dalam mobilitas sehari-hari.
Direktur Pemasan TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, partisipasi Toyota di dalam pameran GIIAS tahun ini tak sekadar memasarkan berbagai jenis kendaraan. Bukan cuma kendaraan yang lebih aman dan nyaman tetapi juga ramah lingkungan.
Hal tersebut sesuai visi masa depan berkelanjutan serta menyediakan layanan dan infrastruktur pendukung yang lengkap. Misalnya, fasilitas pengisian baterai BEV dan PHEV gratis di 30 outlet Toyota, dan akan terus bertambah.
“Melalui it’s time for everyone, Toyota berharap semua upaya yang dilakukan sanggup meningkatkan kontribusi masyarakat untuk mengurangi emisi karbon pada masa depan,” ucap Anton.
Mobil Komersil Konsep
Kehadiran Toyota di pameran akbar GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 berlangsung penuh pada 10 – 20 Agustus 2023. Dan di booth Toyota Commercial, Hall 3E ICE BSD City, Rangga Concept menjadi primadona mengusung fleksibilitas untuk dikonversi sesuai kebutuhan pelaku usaha.
Commercial Concept Car yang mengusung DNA Toyota Kijang Pick Up ini, siap mendukung segala macam aktivitas bisnis mulai dari UMKM, corporate hingga public services.
Mobil komersil ini menggunakan basis ladder frame IMV yang sudah teruji ketangguhannnya di berbagai model seperti Hilux & Fortuner.
Rangga Concept memang belum tersedia versi produksi masal. Tapi, selama GIIAS 2023, tak kurang dari 200 pelanggan dari berbagai sektor bisnis menyatakan minat untuk menjadi pembeli pertamanya.
Toyota memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk berkolaborasi dalam pengembangan desainnya dengan mengikuti Toyota Rangga Concept Digimodz Contest di website www.ranggaconceptdigimodz.com . Tersedia hadiah total Rp130 Juta untuk para pemenang.
Booth dan produk Toyota memperoleh berbagai penghargaan dari penyelengara dan pengunjung GIIAS. Salah satunya adalah penghargaan booth terbaik untuk luas area lebih dari 2.000 meter persegi, serta penobatan Rangga Concept sebagai special exhibit commercial vehicle yang mampu bersaing dengan mobil-mobil komersil lain.