Air Terjun Cileat, Wisata Curug Subang yang Memanjakan Mata

instagram/@curugsubang
Ilustrasi Curug Cileat di Subang
Penulis: Fathnur Rohman
Editor: Intan
18/11/2021, 00.26 WIB

Wisata curug Subang memiliki daya tarik tersendiri, misalnya air terjun tertinggi di Kabupaten Subang yaitu Curug Cileat. Pemandangan alam di curug ini begitu cantik. Anda bisa menyaksikan derasnya air yang turun dari ketinggian sekitar 100 meter tersebut.

Letak Curug Cileat berada di tengah hutan di kawasan kaki Gunung Canggah. Alhasil, akses jalan menuju lokasi tersebut masih sangat sulit dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua. Untuk sampai ke lokasi Curug Cileat, Anda harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak.

Tidak hanya lanskap pemandangannya yang indah, destinasi wisata curug Subang ini juga menyimpan cerita legenda yang berkembang di tengah masyarakat. Mengutip dari sejumlah situs pariwisata, penuturan warga setempat menyatakan kalau nama Cileat berasal dari bahasa Sunda yaitu tiporeat atau berarti terjatuh.

Dikisahkan pada zaman dahulu, terdapat dua orang pangeran di Subang yang berlomba pergi menuju laut. Kemudian, dalam perjalanannya, salah satu pangeran itu terpeleset di Curug Cileat. Hingga akhirnya, kata tiporeat disematkan sebagai nama air terjun tersebut.

Pesona Alam Wisata Curug Subang Cileat

Curug Cileat di Subang (Instagram/ @danimuse1993)

 

Berada di kaki Gunung Canggah, Kabupaten Subang, Curug Cileat menyuguhkan keindahan rindangnya pepohonan di dalam hutan. Udara di curug ini pun sangat sejuk dan kondisi airnya masih terawat.

Curug Cileat bisa Anda jadikan salah satu tujuan wisara curug Subang untuk mengilangkan stres. Sebab, meski cukup populer di kalangan wisatawan, suasana di Curug Cileat masih asri dan sepi. Suara gemuruh air yang turun dari atas ketinggian, akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Di sekitar air terjun juga terdapat susunan bebatuan yang menambah cantik pemandangan Curug Cileat. Selain itu, tumbuhan liar yang hidup mengapit curug ini dan dapat Anda jadikan sebagai latar atau spot untuk berswafoto.

Pesona lainnya yang dimiliki Curug Cileat, adalah bentang alam dari Gunung Canggah. Gunung di Kabupaten Subang ini memiliki ketinggian sekitar 1.685 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara administratif, Gunung Canggah berada di Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Anda bisa menjelajah gunung tersebut dan melakukan pendakian.

Untuk mendaki Gunung Canggah, Anda bisa melewati jalur pendakian kampung Panyeredan atau kampung Citali. Pendakian Anda akan semakin mudah, karena beberapa pos pendakian di Gunung Canggah sudah dilengkapi petunjuk arah.

Pengalaman pendakian Anda akan semakin menantang dan seru, jika terlebih dahulu singgah ke Curug Cileat. Usai menikmati wisata curug Subang ini, Anda bisa melanjutkannya dengan menjajaki setiap pos pendakian Gunung Canggah. Lanskap Kabupaten Subang akan terlihat jelas dari  puncak gunung tersebut.

Tempat wisata di Subang seperti Curug Cileat, mampu menyuguhkan pengalaman dan sensasi berbeda saat Anda mengunjunginya. Lokasi ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan cara pergi ke objek wisata alam.

Lokasi Curug Cileat

Dilansir dari Subang.go.id, lokasi Curug Cileat berada di Kampung Cibogo, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Akses jalannya belum bisa dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Hal tersebut dikarenakan, letak geografis dari Curug Cileat berada di tengah hutan Gunung Canggah. Seperti dijelaskan sebelumnya, Anda harus menelusuri jalan setapak untuk sampai ke tempat ini.

Walaupun perjalanannya akan memakan waktu selama dua jam, tentunya akan membuat Anda sangat kelelahan. Namun jangan khawatir, sesampainya di lokasi Curug Cileat rasa lelah tersebut bakal terbayar lunas dengan eksotisnya pemandangan alam di tempat tersebut.

Selama perjalanan, Anda bisa mendengar gemuruh air terjun Cileat dari kejauhan. Rimbunnya pepohonan dan kondisi udaranya yang segar, akan menjadi pengalaman yang tidak pernah mengecewakan untuk Anda.

Untuk tiket masuk, harganya sangat terjangkau, yakni Rp 10.000. Di curug ini, Anda bisa melihat lanskap pepohonan hijau dan rindang. Selain itu terdapat beberapa air terjun lainnya yang lokasinya berdekatan dengan curug ini. Anda juga bisa mengunjungi lokasi curug lain di sekitarnya, sekaligus menikmati suasana alam yang masih asri.

Rekomendasi Wisata Curug Subang Lainnya

Kabupaten Subang masih memiliki beberapa curug atau air terjun yang indah dan bisa Anda kunjungi saat libur akhir pekan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Curug Kaliangkak

Wisata curug Subang ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Curug Kaliangkak merupakan salah satu “surga tersembunyi” di Kabupaten Subang. Sebab, kecantikan dan eksotisnya panorama alam di sini, belum banyak diketaui wisatawan. Anda bisa memilih air terjun ini sebagai destinasi pelepas penat dan stres.

Selain suasana alamnya yang asri, kondisi kolam air di bawah air terjun juga sangat jernih dan berwarna kebiruan. Dengan begitu, Anda akan merasakan ketenangan yang merelaksasi pikiran Anda.

Curug Pongang

Pada waktu tertentu, air di Curug Pongang akan terlihat kebiruan. Anda bisa mengunjungi surga tersembunyi di Subang ini dan berenang di sana.

Lokasi Curug Pongang berada di perbatasan Subang dan Purwakarta. Jika Anda ingin pergi berlibur ke tempat ini, Anda harus menelusuri sawah dan perkebunan milik warga.

Kesegaran air di Curug Pongang bisa Anda rasakan dengan cara berendam dan berenang di dalam kolam. Mengingat tempat ini masih sepi pengunjung, Anda dapat menenangkan pikiran sambil menikmati udara sejuk di air terjun ini.

Curug Cibareubeuy

Suara gemuruh air terjun di Curug Cibareubeuy dapat menenangkan pikiran Anda. Selain itu, rindangnya pepohonan dan jernihnya air di tempat ini, bisa menyegarkan mata Anda.

Lokasi Curug Cibareubeuy berada di Dusun Nagrak, Ciater, Subang, Jawa Barat. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menelusuri jalan setapak selama kurang lebih 40 menit. Meski melelahkan, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di Curug Cibareubeuy. Selain itu, fasilitas di tempat wisata curug Subang satu ini cukup lengkap, sehingga Anda bisa berkunjung ke Curug Cibareubeuy dengan nyaman.

Demikian ulasan tentang air terjun tertinggi di Subang. Wisata curug Subang ini dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Keindahan alamnya juga bisa Anda abadikan lewat gawai.