Cara Vaksin Covid-19 Bekerja

Produk biologis Vaksin Covid-19 bekerja dengan menghasilkan sistem imun untuk melawan penyakit.
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Publikasi Katadata
18 September 2021, 10:37

Vaksin menjadi salah satu senjata untuk menghadapi Covid 19. Produk biologis ini bekerja dengan menghasilkan sistem imun untuk melawan penyakit, dalam kasus ini untuk menghancurkan virus Corona.

Vaksin berisikan paparan virus yang sudah dilemahkan/dimatikan, atau sebagian dari kuman atau virus yang dimasukan ke dalam tubuh manusia. Partikel virus tersebut akan merangsang sistem imunitas untuk membuat zat kekebalan tubuh alias antibodi. 

Antibodi akan melawan antigen dari patogen yang masuk ke dalam tubuh. Bila antigen menyerang, tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit yang masuk, dan antibodi akan bereaksi melawan. Tiga proses reaksi dari vaksinasi secara sederhana ialah mengenali, melawan, serta mengingat virus dan penyakit untuk kemudian melawan.

Vaksinasi umumnya memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk pembentukan imunitas yang sempurna. Beberapa vaksin juga dilakukan dua kali penyuntikan. Penyuntikan pertama memacu respon kekebalan awal, yang kedua menguatkan respon imun. Biasanya setelah suntikan terakhir, tubuh akan memerlukan waktu untuk proses reaksinya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.