Bappenas Lelang Jabatan Eselon I

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda juga dapat berpartisipasi dalam seleksi jabatan ini
Aria W. Yudhistira
11 Juni 2015, 13:44
Katadata
KATADATA
Menteri PPN/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago (kiri), bersama Ketua Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Pratama dan Madya Kementerian PPN/Bappenas, Slamet Soedarsono saat mengumumkan rencana lelang jabatan di kantor Bappenas di Jakarta (11/6).

KATADATA ? Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berencana melakukan lelang jabatan jabatan eselon I.

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengatakan, lelang jabatan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja Bappenas. ?Selain itu ada beberapa pejabat yang telah memasuki masa pensiun dan penggantian pejabat karena masa jabatannya lebih dari 5 tahun,? kata dia di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (11/6).

Lelang jabatan dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2015 Tentang Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional serta Perpres Nomor 66 Tahun 2016 Tentang Bappenas.

Untuk tahap awal, Andrinof membuka seleksi bagi jabatan Deputi Pengembangan Regional; Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan; dan Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan. Selain itu Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur serta Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan juga akan dipilih melalui seleksi terbuka.

Advertisement

Andrinof telah menunjuk Tim Panitia Seleksi (Pansel) yang terdiri dari lima anggota gabungan dari internal Bappenas dan profesional di luar Bappenas. Kelima anggota tersebut adalah Slamet Soedarsono (Inspektur Utama Bappenas) sebagai Ketua Pansel, Rr Endah Murniningtyas (Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup).

Sedangkan anggota eksternal terdiri dari Dwi Wahyu Atmaji (Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Rhenald Kasali (Guru Besar Indonesia), dan Arie Setiabudi Soesilo (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI).

?Anggota kami buat hanya lima agar memudahkan koordinasi,? kata Andrinof.

Seleksi akan dimulai dari penjaringan calon yang dimulai pada 12 Juni. Dia juga mengimbau agar para Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) juga dapat berpartisipasi dalam seleksi jabatan ini.

?Proses seleksi akan berlangsung hingga satu bulan ke depan,? kata Andrinof.

Andrinof memberitahu ada satu kedeputian yang dipastikan dilebur ke dalam kedeputian lainnya, yakni Deputi Sarana dan Prasarana yang dilebur ke dalam Deputi Pengembangan Regional.

Nantinya Bappenas hanya memiliki delapan kedeputian dari sebelumnya sembilan kedeputian. Kedelapan kedeputian tersebut adalah Deputi Bidang Ekonomi; Deputi Bidang Pemgembangan Regional; Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam; Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan.

Selain itu ada pula Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan; Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan; Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan; dan Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait