Beda Persepsi Soal Agama di Berbagai Negara

Sebanyak 96% responden di Indonesia menilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan sebagai salah satu pilar yang menentukan perilaku sehari-hari.
Image title
9 Agustus 2020, 11:45

Survei Pew Research Center menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang paling religius. Sebanyak 96% responden menilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan sebagai salah satu pilar yang menentukan perilaku sehari-hari.

Menurut Juru Bicara Kementerian Agama Oman Fathurahman, hasil survei Pew Research Center tak mengejutkan. “Kerohanian menjadi unsur yang tak terpisahkan di Indonesia selama ratusan tahun,” ujarnya pada Senin (27/7), dikutip dari The Jakarta Post.

Survei tersebut juga mengaitkan antara kemajuan suatu negara dengan nilai keagamaan. Hasilnya penduduk negara dengan PDB per kapita rendah cenderung menganggap penting agama dalam kehidupan. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Sebaliknya, penduduk negara maju cenderung menilai agama tak berkorelasi dengan moral. Sebagai contoh, Swedia mempunyai PDB per kapita mencapai US$ 53 ribu atau Rp 771,2 juta. Namun hanya 9% responden yang menganggap agama adalah unsur penting dalam kehidupan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.