Covid-19 Menyebar di Keluarga

Risiko penularan terhadap anggota keluarga lain pun 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan klaster-klaster lain.
Andrea Lidwina
26 Januari 2021, 10:26

Virus corona telah menyebar sampai ke lingkup sosial terkecil, yakni keluarga. Penularan umumnya bermula dari adanya anggota keluarga yang terinfeksi dari kegiatan luar rumah atau tamu yang positif datang berkunjung.

Risiko penularan terhadap anggota keluarga lain pun 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan klaster-klaster lain. Sebab, sulit menerapkan protokol kesehatan di rumah, ada interaksi dekat antaranggota keluarga, atau tidak disiplin ketika salah satu anggota menjalani isolasi mandiri.

Akibatnya, klaster keluarga menjadi penyebab lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah provinsi, di antaranya DKI Jakarta. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan sebanyak 45% dari total peningkatan kasus pada 11-17 Januari 2021 berasal dari klaster ini.

Jika dilihat lebih rinci, total kasus positif dari klaster keluarga mencapai 42 ribu kasus dari 5,3 ribu klaster pada 4 Juni – 8 November 2020. Kemudian, sebanyak 3,8 ribu kasus pada 7-13 Desember 2020 dan 1,2 ribu kasus pada dua pekan pertama Januari 2021.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan