Nilai Tender Konstruksi Proyek Merakes Membengkak dari Anggaran

Anggita Rezki Amelia
23 November 2018, 16:47
Rig
Katadata

Lelang paket pengerjaan rekayasa, pengadaan dan konstruksi (Engineering, Procurement, Construction/EPC) Proyek Lapangan Merakes di Blok East Sepinggan Kalimantan Timur telah selesai. Namun, nilai yang diajukan peserta tender tidak sesuai dengan anggaran yang disetujui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas Tunggal mengatakan nilai tender yang diajukan kontraktor yang akan menggarap konstruksi tersebut lebih tinggi dari anggaran karena kemungkinan mempertimbangkan harga di pasar. "Sekarang masih ditinjau dan dibahas kembali bersama Bidang Perencanaan dan Anggaran," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (23/11).

Namun Tunggal belum bisa merinci berapa nilai penawaran dari lelang yang dilakukan Eni untuk proyek Lapangan Merakes tersebut. Ia pun belum mengetahui apakah lelang tersebut harus diulang atau diterima oleh SKK Migas.

SKK Migas masih menunggu hasil kajian. "Kami tunggu saja hasil pembahasan Eni dengan bidang Rencana dan Anggaran keputusannya bagaimana," kata Tunggal.

Eni membuka lelang EPC proyek anyar itu pada Agustus lalu. Lelang ini merupakan tindak lanjut dari persetujuan pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) yang diperoleh perusahaan asal Italia itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...