Produksi Minyak Blok Sanga-Sanga Turun, Gas Naik Jelang Kontrak Habis

Anggita Rezki Amelia
23 Juli 2018, 09:18
Blok migas
Katadata

Produksi minyak bumi di Blok Sanga-Sanga mengalami penurunan jelang kontraknya berakhir. Sebaliknya, produksi gas bumi di blok tersebut mengalami kenaikan.

Dari data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), produksi minyak selama Semester I tahun 2019 mencapai 7.674 barel per hari (bph). Padahal target di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar 10.000 bph.

Sementara itu, produksi gas bumi sejak awal Januari hingga Juni 2018 mencapai 97 MMSCFD. Adapun target di APBN 2018 dipatok 80 MMSCFD.

Kinerja Blok Sanga-Sanga itu dipengaruhi oleh beberapa aktivitas. “Kegiatannya fokus pada pemeliharaan dan menjaga operasi fasilitas produksi tetap optimal,” kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher, kepada Katadata.co.id, Jumat (21/7).

Kontrak Blok Sanga-Sanga akan berakhir 7 Agustus 2018. Pemerintah sudah memberikan penugasan kepada PT Pertamina (Persero) untuk mengelola 100% blok tersebut.

Kepala SKK Migas  Amien Sunaryadi juga pernah mengatakan masa kontrak yang akan berakhir itu ikut berpengaruh terhadap kinerja Blok Sanga-Sanga. "Jadi ada sedikit faktor transisi karena ada pergantian operator, operasi tidak bisa maksimal," kata dia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...