Strategi Bertahan Tiga Perusahaan saat Harga Minyak Turun

Anggita Rezki Amelia
3 Mei 2018, 22:08
Rig Minyak
Katadata

Sejumlah pemimpin perusahaan minyak dan gas bumi (migas) di beberapa negara berbagi strategi dan pengalaman saat menghadapi penurunan harga minyak dunia. Penurunan harga minyak ini terjadi sejak tahun 2014 dan sempat menyentuh level US$ 50 per barel.

Chief Executive Officer (CEO) MedcoEnergi Roberto Lorato mengatakan upaya yang dilakukan adalah efisiensi biaya operasional. Kemudian, mereka mengubah pola pikir karyawannya agar bisa menerima kondisi turunnya harga minyak dan tetap melakukan inovasi agar perusahaan tetap prima.

Namun, di balik penurunan harga minyak itu juga ada peluang emas yang bisa diambil perusahaan milik Arifin Panigoro ini. Salah satu peluang itu adalah akuisisi aset perusahaan lain dengan harga pasar yang lebih rendah.

Untuk itu pihaknya hanya perlu meyakinkan pemegang saham agar akuisisi bisa dilakukan. "Kami tidak hanya memangkas biaya, tetapi juga menyiapkan akuisisi agar terdapat pertumbuhan yang besar ke depan," kata dia dalam CEO forum di ajang Indonesian Petroleum Associatioan (IPA) ke 42 di Jakarta, Rabu (2/5).

MedcoEnergi juga bisa bertahan dari rendahnya harga minyak karena ditopang juga unit bisnis lain yang dimilikinya. Bisnis itu antara lain pembangkit listrik dan juga pertambangan.

CEO Upstream Petronas Datuk M.Anuar Taib juga memiliki cerita mengenai bertahan di harga minyak yang rendah. Upaya itu yakni mengurangi aneka biaya agar efisien. Perusahaan asal Malaysia ini bahkan berhasil menghemat biaya sekitar US$. 3,5 miliar yang terdiri dari penghematan biaya operasi dan belanja modal. 

Kinerja keuangan Petronas selama harga minyak rendah juga dibantu adanya bisnis gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG). Apalagi Petronas mengklaim sebagai pemasok LNG terbesar ketiga di dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...