Patuhi Permintaan Jonan, AKR Siap Salurkan BBM Satu Harga

Anggita Rezki Amelia
6 Juni 2017, 15:37
SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

PT AKR Corporindo Tbk siap mendukung program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga yang diusung oleh pemerintah. Apalagi, sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sempat mengancam bakal mencabut penugasan AKR menyalurkan BBM subsidi jika tidak mengikuti program tersebut.

Direktur AKR Suresh Vembu mengatakan, pihaknya sudah menyatakan kepada pemerintah dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk mendukung program BBM satu harga. Jadi, perusahaan swasta ini juga akan menjual BBM dengan harga seragam di seluruh daerah Indonesia.

(Baca: Jonan Ancam Cabut Izin AKR Jika Tak Salurkan BBM Satu Harga)

Manajemen AKR mengklaim sejauh ini sudah menjual Solar bersubsidi dengan harga yang sama di beberapa tempat. AKR saat ini memiliki 130 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terletak di Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Bali.

Menurut Suresh, ke depan pemerintah memang mensyaratkan untuk menjual BBM satu harga di lokasi terpencil. Syarat ini untuk mendapatkan alokasi penyaluran BBM bersubsidi.

Suresh akan bekerja sama dengan BPH Migas untuk mendapatkan alokasi 2017 dan tahun-tahun berikutnya. “AKR akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memasok ke daerah-daerah sesuai kebutuhan,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Selasa (6/6).

(Baca: AKR Tolak Bangun SPBU di Papua jika Tidak Untung)

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa sebelumnya mengatakan, AKR sudah bersedia mendapatkan penugasan untuk program BBM satu harga. Ada beberapa titik yang akan ditugaskan pemerintah kepada AKR untuk mendukung kebijakan tersebut.

Namun, Fanshurullah tidak bersedia menjelaskan lokasi penugasan AKR. "Ada tujuh titik yang ditugaskan ke mereka (AKR)," kata dia kepada Katadata, Senin (6/5). (Baca: Pertamina dan AKR Dapat Penugasan BBM Satu Harga)

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan AKR sebagai penyalur BBM jenis tertentu harus ikut mewujudkan BBM satu harga di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, dia mengancam jika AKR tidak mau patuh maka akan dilarang menyalurkan Solar subsidi. 

"Kalau tidak ikut, saya keluarkan dari penyaluran untuk Solar RON 48. Kayaknya (AKR) mau deh," kata Jonan di sela-sela pelantikan pejabat Kementerian ESDM di Jakarta, Senin (6/5).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait