PLN Bangun Kabel Bawah Laut untuk Alirkan Listrik ke Lombok

Hingga 2019, PLN menargetkan rasio elektrifikasi NTB mencapai 88,5 persen. Bahkan, diupayakan rasionya bisa sebesar 95 persen.
Arnold Sirait
22 Maret 2017, 11:05
PLN
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sedang menyelesaikan pembangunan kabel listrik bawah laut dari Lombok ke Gili Gede, Sekotong, Lombok Barat. Dengan begitu, sebanyak 450 kepala keluarga di Gili Gede akan segera menikmati listrik. 

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri, mengatakan kabel listrik bawah laut 20 kilovolt (kV) sepanjang 2,4 kilometer sirkit (kms) akan dibangun untuk memasok listrik ke pulau tersebut. Pembangunannya ditargetkan rampung Desember 2017 dengan dana investasi Rp 23 miliar.

(Baca: Jokowi Minta 34 Pembangkit Listrik Mangkrak Dilanjutkan)

Jaringan listrik di Gili Gede nantinya akan terinterkoneksi dengan Sistem Kelistrikan Lombok. “Investasinya memang tidak kecil, tetapi ini kebutuhan agar masyarakat terlistriki dan rasio elektrifikasi harus terus ditingkatkan,” kata Machnizon berdasarkan penjelasan tertulisnya, Rabu (22/3).

Berdasarkan catatan PLN, hingga akhir tahun 2016 rasio elektrifikasi di NTB mencapai 77,68 persen dari target 75,9 persen. Hingga 2019, PLN menargetkan rasio elektrifikasi NTB mencapai 88,5 persen. Bahkan diupayakan rasio elektrifikasi telah mencapai 95 persen pada 2019.

(Baca: Revisi Rencana Listrik, PLN Tambah 4.000 MW PLTU Mulut Tambang)

Infrastruktur kelistrikan ini penting karena Gili Gede menjadi bagian dari tujuan wisata, meski sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan. Beberapa penduduk yang memiliki rumah singgah bagi wisatawan luar negeri, saat ini hanya menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

Selain melistriki penduduk Gili Gede, adanya kabel bawah laut ini dapat mendukung bisnis pariwisata di sana. Jadi, investor tidak perlu khawatir dengan masalah listrik di Gili tersebut.  “Potensi wisata Gili Gede ini bagus, PLN akan mendukung ketersediaan listrik di sana agar pariwisata di sana semakin maju,” ujar Machnizon.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPM-PT) Provinsi NTB,  H. Lalu Gita Aryadi juga menyatakan dukungannya kepada PLN untuk membangun kabel bawah laut di Gili Gede. Pembangunan kabel laut ini akan meningkatkan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat NTB.

(Baca: PLN Targetkan Teken Kontrak Gas Pembangkit Jawa 1 Bulan Depan)

“Listrik ini penting untuk percepatan realisasi investasi, sehingga ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat juga, angka kemiskinan berkurang,” kata Lalu Gita.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait