Jonan Rombak 26 Pejabat Kementerian Energi

“Kalau dirasa tupoksi tidak cocok dengan tuntutan zaman, bisa disampaikan ke saya untuk mungkin diganti,”
Anggita Rezki Amelia
22 Desember 2016, 19:23
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali merombak pejabat di lingkungan kementeriannya. Perombakan ini yang kedua kalinya dilakukannya sejak menjabat pada medio Oktober lalu.

Kali ini, perombakan meliputi 26 pejabat yang terdiri dari Eselon II, III, hingga IV.  Perinciannya, lima pegawai Eselon II, 13 orang Eselon III, dan 8 orang Eselon IV.  (Baca: Sepekan Menjabat, Jonan Rombak Eselon II Kementerian Energi)

Jonan meminta agar pejabat Kementerian Energi bekerja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dengan baik. Jika memang merasa posisi saat ini kurang tepat, ia tidak segan untuk menggantinya.

Apalagi, berdasarkan rekam jejaknya, Jonan pernah merotasi 40 pejabat di Kementerian Perhubungan. “Kalau dirasa tupoksi tidak cocok dengan tuntutan zaman disampaikan ke saya untuk mungkin diganti,” kata dia di Kementerian Energi, Jakarta, Kamis (22/12). (Baca: Perombakan Keempat, Menteri ESDM Sudah Rotasi 1.000 Pejabat)

Advertisement

Selain itu, Jonan berpesan agar birokrasi di Kementerian Energi bisa praktis dan sesederhana mungkin. Caranya memangkas perizinan, menyederhanakan birokrasi, dan memberi kemudahan bagi para pelaku usaha.

Menurut dia, birokrasi yang mudah dan praktis merupakan salah satu amanat dari Presiden Joko Widodo. “Pak Presiden bilang birokrasi kalau bisa yang praktis,” katanya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Teguh Pamudji mengatakan, salah satu alasan perombakan kali ini bukan hanya penyegaran. Apalagi, penempatan orangnya sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi kerjanya. “Pak Jonan punya target dan harapan,” ujar dia.

(Baca: "Penyegaran" Pejabat Kementerian ESDM di Bawah Arcandra)

Berikut ini sebagian pejabat yang dilantik Jonan, khususnya pejabat Eselon II:

1. Endang Sutisna (Kepala Biro Umum pada Setjen Kementerian ESDM)
2. Parlaungan Simatupang (Kepala Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara pada Setjen Kementerian ESDM)
3. Budiantono (Direktur Pembinaan Program Migas)
4. M Halim Sari Wardana (Inspektur 1 Itjen Kementerian ESDM)
5. Zainal Arifin (Sekretaris Badan Pengembangan SDM ESDM).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait