"Penyegaran" Pejabat Kementerian ESDM di Bawah Arcandra

Arnold Sirait
5 Agustus 2016, 19:36
Direktorat ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Pergantian pimpinan di suatu tempat, lazimnya akan diikuti oleh perubahan atau pergeseran di level bawahnya. Begitu pula yang terjadi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setelah Arcandra Tahar menggantikan Sudirman Said sejak sepekan lalu.

Sehari setelah pergantian tersebut, tiga staf khusus Menteri ESDM memilih mengundurkan diri. Yakni Widhyawan Prawiraatmaja, Nizar Suhendra dan Said Didu. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kementerian Negara bahwa masa tugas staf khusus berakhir sesuai dengan masa jabatan menteri yang bersangkutan.

Langkah ketiga orang "dekat" Sudirman itu diikuti oleh Yond Rizal. Awalnya, dia  adalah pejabat yang dipinjam Sudirman dari Kementerian Keuangan. Jabatan terakhirnya Kepala Kantor Pelayanan Wajib Pajak Besar Tiga Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. 

Pada 14 Januari 2015, Sudirman mendapuk Yond sebagai Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Lalu, pada 20 Juli lalu, Yond yang satu almamater dengan Sudirman di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini, berganti posisi menjadi Kepala Biro Sumber Daya Manusia. (Baca: Perombakan Keempat, Menteri ESDM Sudah Rotasi 1.000 Pejabat)

Namun, pada pekan ini beredar kabar pengunduran dirinya dari Kementerian ESDM. Dalam pesan yang beredar melalui aplikasi WhatsApp, Yond meminta maaf atas semua kesalahannya selama mengabdi di Kementerian ESDM. Mulai Senin (8/8) depan, dia akan kembali berdinasi di Kementerian Keuangan.

Pesan tersebut dibenarkan oleh Yond. “Iya. Saya pulang ke rumah (Kementerian Keuangan),” kata dia kepada Katadata, Jumat (5/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...