Politisi Berebut Posisi Anggota BPK

Seleksi 67 calon anggota BPK diDPD dijadwalkan 1821 Agustus 2014 Namanama yang lolos seleksi akan direkomendasi ke Komisi XI DPR RI
Image title
Oleh
20 Agustus 2014, 10:51

KATADATA ? Hari kedua seleksi 67 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Selasa 19 Agustus 2014, di Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terlihat masih diramaikan calon anggota dengan wajah lama. Ketua BPK Rizal Djalil, menjadi salah satu peserta dan mendapat pertanyaan pedas atas tuduhan jual beli opini WTP (wajar Tanpa Pengecualian). Rizal beralasan ingin tetap bertahan di BPK untuk mengabdikan diri pada negara.

Selain Rizal, beberapa politisi dan auditor BPK lainnya memang tercatat sebagai peserta. Mereka masih berburu jabatan di institusi ini karena  dinilai strategis dan memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ekonom berharap BPK tidak menjadi tempat penampungan bagi para pensiunan politisi.

Menurut catatan sekretariat Komisi XI DPR, setidaknya ada delapan anggota DPR dan DPD ikut mendaftar. Enam orang di atas merupakan calon legislatif yang tidak lolos menjadi anggota legislatif periode 2014-2019. Sisanya, dua anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Zulbahri dan Hasbi Anshory.

Agenda seleksi di DPD ini dijadwalkan 18-21 Agustus 2014. Dari nama-nama yang lolos seleksi, kemudian akan direkomendasi ke Komisi XI DPR RI untuk diproses. Sesuai jadwal, uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI akan digelar pada akhir Agustus 2014. Komisi XI menjanjikan sebelum 10 September nanti, lima anggota terpilih sudah akan diumumkan ke masyarakat.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.