Indonesia Kini Resmi Punya 37 Provinsi, Ini Sebaran dan Ibu Kotanya

Aryo Widhy Wicaksono
1 Juli 2022, 09:53
Foto udara suasana Kampung Enggros yang di Teluk Youtefa, Jayapura, Papua, Selasa (21/6/2022).
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/rwa.
Foto udara suasana Kampung Enggros yang di Teluk Youtefa, Jayapura, Papua, Selasa (21/6/2022).

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan tiga Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (RUU DOB) Papua menjadi undang-undang. Aturan baru tersebut menyebabkan Indonesia mendapatkan tambahan tiga provinsi baru, yaitu Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan harapannya terhadap pengesahan tiga undang-undang pemekaran ini demi kemajuan pembangunan di Papua.

"Kita harapkan semua pihak dapat menerima ini demi kemajuan pembangunan Papua," kata Tito di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (30/6).

Menurut Mendagri, undang-undang ini juga menegaskan komitmen pemerintah terhadap pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat, terutama Orang Asli Papua (OAP).

"Kita harapkan dengan pemekaran ini, birokrasi menjadi lebih pendek, pelayanan masyarakat akan lebih baik, yang penting tadi, pembangunan lebih cepat," ucap Mendagri.

Jika melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) terhadap tingkat pendidikan di Papua, mayoritas penduduk berusia 15 tahun ke atas tidak memiliki ijazah sekolah. Persentasenya mencapai 33,58% pada 2021.

Sementara, sebanyak 19,28% penduduk Papua usia 15 tahun ke atas menamatkan pendidikannya pada jenjang sekolah dasar (SD). Sebanyak 17,48% memiliki ijazah setara sekolah menengah pertama (SMP).

Provinsi Papua Selatan nanti akan meliputi empat kabupaten yaitu Merauke sebagai ibu kota, dan kabupaten lainnya adalah Boven Digoel, Mappi, dan Asmat.

Selanjutnya untuk Provinsi Papua Tengah meliputi delapan kabupaten yakni Nabire sebagai ibu kota, dan kabupaten lainnya meliputi Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai.

Kemudian Provinsi Papua Pegunungan akan memiliki sembilan kabupaten. Meliputi Jayawijaya sebagai ibu kota, serta kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lani Jaya, dan Nduga.

Halaman:
Reporter: Antara, Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...