Bakrie Sumatera Jual Anak Usaha

Penulis:

Editor:

27/5/2013, 11.12 WIB

Pada 18 Desember 2012 UNSP meneken perjanjian jual beli aset enam anak usahanya yang bernaung dalam sub grup Agri International Resources

bakrie tower arief.jpg
KATADATA/ Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) telah menjual beberapa anak usaha. Dalam laporan keuangan 31 Desember 2012 terungkap, pada 18 Desember 2012, UNSP meneken perjanjian jual beli aset enam anak usahanya yang bernaung dalam sub grup Agri International Resources Pte. Ltd. Keenam anak usaha itu adalah PT Jambi Agrowijaya, PT Eramitra Agrolestari, PT Trimitra Sumberperkasa, PT Multrada Multi Maju, PT Padang Bolak Jaya, dan PT Perjapin Prima. UNSP tak menyebut siapa lawan transaksinya.

Aset yang dijual adalah aset tetap enam anak usaha di luar Hak Guna Usaha dan tanaman perkebunan. Selain itu, UNSP juga menjual barang persediaan, kecuali minyak sawit dan inti kelapa sawit. Hingga akhir 2012 UNSP menerima pembayaran US$ 29,61 juta dari transaksi tersebut dan mengklaim mengantongi laba penjualan aset tetap Rp 33,28 miliar. Pada saat bersamaan, enam anak usaha UNSP itu melego aset tidak lancarnya. Transaksi ini belum sepenuhnya rampung, namun UNSP sudah menerima uang muka penjualan US$ 9,89 juta. UNSP juga akan menjual saham dan pengalihan hak tagihnya di PT Guntung Idamanusa, yang dimiliki melalui PT Grahadura Leidongprima dan PT Sumbertama Nusapertiwi.

Analis Trust Securities, Reza Priyambada menduga penjualan aset anak usaha itu dilakukan untuk mengangsur utang. Per 31 Desember 2012, secara total UNSP menanggung rugi bersih Rp 1,07 triliun. Kerugian ini membesar 43,15 persen dari kerugian 2011 yang tercatat Rp 744,89 miliar. Direktur Utama UNSP Bambang Aria Wisena, dalam keterangan resminya akhir pekan lalu, menyatakan pertumbuhan rugi bersih lebih banyak disebabkan oleh lonjakan beban non-kas, selain akibat penurunan harga komoditas.

Sumber: Kontan

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan