Selamat Tinggal Amerika, Ekonomi Cina Terbesar di Dunia

Image title
Oleh
9 Oktober 2014, 17:58
Katadata
KATADATA
KATADATA | Dok.

KATADATA ? Akhirnya ekonomi Cina secara resmi mengambil alih posisi Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan perekonomian terbesar dunia.

Hasil perhitungan Dana Moneter Internasional (IMF) yang dirilis Selasa (7/10) lalu menyebutkan produk domestik bruto (PDB) Cina akan mencapai US$ 17,6 triliun pada akhir 2014. Ini berarti porsi ekonomi negara ?panda? tersebut akan mencapai 16,5 persen dari total perekonomian dunia.

Sementara perekonomian negara Paman Sam diprediksi sebesar US$ 17,4 triliun atau 16,3 persen terhadap total perekonomian global pada 2014.

Perhitungan IMF tersebut mengacu pada metode paritas daya beli atau purchasing power parity (PPP), yakni perhitungan nilai tukar berdasarkan harga yang berlaku di negara tersebut. Hal ini mengingat harga barang dan jasa yang berlaku di suatu negara berbeda dengan negara lain.

Cara perhitungan serupa yang dipakai The Economist  dalam mengukur nilai tukar berdasarkan harga burger McDonald?s. Perbandingan ini kemudian diberi nama ?The Big Mac index?. (Baca: Mengukur Kurs Rupiah dari Harga Burger McDonald?s)

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...