Cina Siap Mendanai Proyek Kereta Api

Aria W. Yudhistira
10 November 2014, 16:48
Katadata
KATADATA
Calon penumpang kereta api commuter line berjejal di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.

KATADATA ? PT Kereta Api Indonesia (persero) menjajaki kerjasama dengan China International Fund (CIF) untuk mendanai proyek-proyek kereta api di Indonesia.

Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengatakan, saat ini perseroan masih melakukan pembicaraan dengan pihak CIF. Dengan begitu, belum bisa memberi tahu proyek apa saja yang akan didanai oleh lembaga pembiayaan asal negeri panda tersebut.

?Dia mau kasih dana, tapi masih awal. Nanti ada working group-nya,? kata Kurniadi di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (10/11).

Kurniadi yang ditanya lebih lanjut mengenai isi nota kesepahaman tersebut tidak mau menjelaskannya. Selain itu juga belum ada kejelasan mengenai insentif yang diminta oleh CIF.

?Nggak perlu dibahas dulu. Nanti saja kalau sudah detail,? paparnya.

Seperti diberitakan, dua BUMN yakni PT KAI Dan PT Perusahaan Listrik Negara pihak CIF telah menandatangani nota kesepahaman dengan CIF. Penandatanganan tersebut dilakukan di kantor Kementerian BUMN pada 3 November lalu.

Pertemuan tersebut dihadiri Menteri BUMN, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, dan Direktur PLN Nur Pamudji. Namun tidak ada satu pun pejabat yang menghadiri acara tersebut mau memberikan keterangan terkait hal tersebut.

Bahkan Direktur Utama PLN Nur Pamudji ketika dikonfirmasi wartawan hanya mengatakan, ?Hari ini buntu telinga saya,? ujarnya.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...