Bahana Menurunkan Rating Saham Emiten Semen

Aria W. Yudhistira
20 Januari 2015, 12:08
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
Bahana Securities menurunkan peringkat saham emiten sektor semen.

KATADATA ? PT Bahana Securities merevisi peringkat saham emiten semen dari netral ke underweight. Padahal Bahana baru saja merilis proyeksi saham empat emiten semen tersebut pada 8 Januari 2015 lalu.

Revisi terpaksa dilakukan setelah pemerintah mengumumkan penurunan harga semen sebesar Rp 3.000 per sak pada akhir pekan lalu. Bahana menilai kebijakan pemerintah tersebut telah menurunkan bobot saham sektor semen dibandingkan sektor lainnya.

Makanya Bahana pun merekomendasikan underweight terhadap sektor ini dalam riset yang dipublikasikan pada 19 Januari. (Baca: Strategi Perusahaan Semen Hadapi Penurunan Harga)

Perubahan tersebut lantaran Bahana sebelumnya memproyeksikan harga rata-rata produk atau average selling product (ASP) semen akan naik sebesar 4 persen pada tahun ini. Seiring kebijakan tersebut, ASP pun direvisi menjadi negatif 4 persen.

Akibatnya, Bahana juga menurunkan proyeksi harga saham empat emiten semen yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Bahana menargetkan harga saham PT Semen Indonesia Tbk dalam 12 bulan ke depan sebesar Rp 13.000 per saham, turun dari Rp 17.600 dari proyeksi awal. Bahana pun menyarankan investor mengurangi porsi saham (reduce) emiten berkode SMGR ini dari sebelumnya mempertahankan (hold).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...