JK Minta BI Turunkan Suku Bunga

Aria W. Yudhistira
7 Mei 2015, 12:00
Katadata
KATADATA
Wapres Jusuf Kalla meminta Bank Indonesia menurunkan suku bunga untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

KATADATA ? Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meminta Bank Indonesia (BI) melonggarkan kebijakan moneternya. Penurunan suku bunga acuan (BI Rate) diharapkan dapat memacu kinerja pertumbuhan ekonomi di tengah tren pelambatan.

Menurut Wapres, kondisi moneter saat ini sudah cukup longgar, sehingga secara perlahan bank sentral dapat menurunkan suku bunga. Meski begitu, dia tidak menginginkan BI Rate turun drastis, karena dikhawatirkan akan memunculkan risiko baru.

?Kalau turun, turun sedikit, karena nanti kalau diturunkan lagi, orang nggak mau menabung,? kata JK, panggilan akrab Wapres saat membuka acara ?Institute of International Finance Asia Summit 2015? di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (7/5).  

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah sudah mengadakan pembicaraan mengenai peluang penurunan suku bunga ini dengan Gubernur BI Agus Martowardojo.

Di tempat yang sama, Gubernur BI Agus Martowardojo menyampaikan, kebijakan moneter bank sentral akan mengarah ke suku bunga rendah ke depannya. Namun, kebijakan tersebut tetap harus memperhatikan defisit neraca transaksi berjalan tetap rendah.

?Ini salah satu faktor yang diperhatikan investor untuk mempertahankan portofolionya di Indonesia,? kata dia.

Selama ini, BI berupaya menyakinkan pasar bahwa kebijakan perubahan suku bunga dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi. Juga agar kondisi pasar masih sejalan dengan kebijakan pemerintah dan kondisi ekonomi global.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...