Merger Holcim dan Semen Andalas Dimulai Akhir Tahun

Aria W. Yudhistira
21 Mei 2015, 16:44
Katadata
KATADATA
Holcim Indonesia menargetkan dapat memulai proses merger dengan Semen Andalas pada akhir tahun ini.

KATADATA ? PT Holcim Indonesia Tbk menargetkan dapat memulai proses merger dengan PT Semen Andalas pada akhir tahun ini. Diharapkan proses tersebut akan dapat rampung pada 2016 dan akan memperkuat perseroan.

Saat ini, perseroan masih menunggu hasil merger dua holding induk kedua produsen semen tersebut, yakni Holcim Ltd dan juga Lafarge SA, induk perusahaan Semen Andalas. Proses merger tersebut telah dimulai pada 2014 lalu, dan diperkirakan akan rampung Juli mendatang.

?Prosesnya akan kami mulai pada akhir tahun ini,? kata Vice President of Sales Holcim Indonesia Juhans Suryantan kepada Katadata di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (21/5).

Juhans mengatakan, proses penggabungan dua produsen semen ini bukanlah proses yang sederhana. Pasalnya, Holcim merupakan perusahaan yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan Semen Andalas masih menjadi perusahaan tertutup.

?Tantangannya bagaimana kami tetap mengikuti regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK),? katanya.

Penggabungan usaha antara Holcim dan Semen Andalas ini, kata dia, akan meningkatkan kapasitas perusahaan yang dapat menopang kompetisi bisnis semen dalam negeri kuat. Dia bahkan mengungkapkan pangsa pasar semen Holcim akan mencapai 17 persen dengan merger ini.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...