Komitmen Jokowi Lindungi Industri Perikanan dan Para Nelayan

Safrezi Fitra
28 November 2016, 12:01
Jokowi Nelayan
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah berkomitmen melindungi industri perikanan nasional dan kesejahteraan para nelayan. Hal ini diungkapkannya saat meresmikan pengoperasian Pelabuhan Perikanan Untia di Makasar, Sulawesi Selatan, akhir pekan lalu.

"Dengan Pelabuhan Untia ini kami berikan solusi untuk meningkatkan produksi perikanan Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar," kata Jokowi dalam keterangannya saat peresmian pelabuhan tersebut.

Lokasi pelabuhan ini sangat strategis, berada di kawasan Industri Makasar (KIMAH) dan dekat dengan Pelabuhan Umum untuk ekspor. Ini bisa mendukung ekspor dari Sulawesi Selatan yang ditargetkan mencapai 10 persen dari sasaran ekspor nasional

Pengembangan Pelabuhan Untia diharapkan menjadi sentra produksi perikanan yang terhubung dengan pelabuhan perikanan lainnya di kawasan Sulawesi Selatan. Pelabuhan perikanan (PP) ini antara lain PP Cempae, PP Maccinibaji, PP Kalibone, PP Potere, PP Beba, PP Labuang, PP Barombong, PP Boddia, PP Lonrae, PP Birea, PP Bentenge, PP Kajang, PP Tongke-tongke dan PP Lappa.

Terkait dengan infrastruktur pendukung seperti jalanan sebagai akses transportasi, Jokowi berjanji akan segera menginstruksikan kepada kementerian terkait untuk membenahi permasalahan tersebut. "Jalan yang kurang bagus, nanti setelah ini saya telepon Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk segera diperbaiki," ujarnya.

(Baca: Dua Tahun Jokowi, Susi Pamer Banyak Prestasi meski Belum Maksimal)

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan kepada jajarannya agar selalu memberikan pelayanan prima di pelabuhan nelayan, salah satu yang disorotnya ialah mengenai pungutan liar (pungli). Dia menegaskan agar masyarakat tidak segan-segan untuk melaporkannya bila mendapatkan pelayanan yang tidak baik tersebut.

"Saya minta supaya pelayanan di PP Untia terus dijaga. Jangan sampai ada pungli di sini. Itu sangat tidak boleh. Pelabuhan-pelabuhan baru dibersihkan jangan sampai ada pungli. Kalau ada pungli, segera laporkan ke tim Saber Pungli supaya semuanya mendapatkan pelayanan yang baik," tegasnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...