Ingin Gaet Investor, Pemerintah Tiru Meksiko Gratiskan Data Migas

Anggita Rezki Amelia
5 April 2017, 20:10
Web ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian ESDM meluncurkan website dan akun media sosial resmi di Jakarta, Rabu, (22/3).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menggodok aturan pembukaan data minyak dan gas bumi (migas) secara gratis kepada investor. Langkah ini meniru pemerintah Meksiko yang berhasil melelang wilayah kerja migasnya dengan menggratiskan data kepada investor. 

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, pemerintah meniru kebijakan Meksiko karena ingin investor tertarik nenanamkan modalnya ke Indonesia. ''Negara yang paling progress membuka data gratis adalah Meksiko, peraturan open data arahnya ke situ,'' kata dia di Jakarta, Rabu (5/4).

(Baca: Iklim Investasi Migas: Peringkat Indonesia Terendah)

Ia menjelaskan, Meksiko mulai mereformasi aturan migas negaranya dengan mengeluarkan regulasi  pembukaan data migas dan penawaran bagi hasil yang menarik bagi investor sejak  2013 lalu. Sejak itulah banyak investor tertarik menggarap blok-blok migas di sana, bahkan sampai menjajaki lelang blok migas di wilayah laut dalam yang cenderung berisiko tinggi. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata, lelang blok migas di Meksiko pada Desember 2014 masih sepi peminat. Negara ini melelang 14 blok migas untuk kategori laut dangkal (shallow water). Saat itu hanya dua kontraktor yang mengikuti lelang tersebut. 

Namun, dalam proses lelang berikutnya, banyak investor mulai melirik Meksiko. Dari lima blok migas di laut dangkal yang dilelang pada Februari 2015, tiga blok telah laku. Lelang berikutnya pada Mei 2015 juga begitu, 25 blok migas darat (onshore) yang dilelang, semuanya laku.

Tujuh bulan kemudian, Meksiko kembali melelang blok migas laut dalam (offshore). Peminatnya juga lumayan, lebih dari 50 persen blok migas yang ditawarkan laku. Dari 10 blok migas yang ditawarkan, delapan di antaranya laku.

Alhasil, kini kegiatan eksplorasi wilayah kerja di Meksiko sudah berjalan masif, bahkan telah ditemukan cadangan-cadangan yang banyak. Tak hanya Meksiko, Wiratmaja mengatakan, Norwegia dan Australia juga melakukan hal serupa dengan membuka data migas kepada investor. (Baca: Lelang Blok Migas Nonkonvensional Tidak Laku)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...