Pertamina Isyaratkan Ambil 8 Blok Migas Akan Habis Kontrak

Anggita Rezki Amelia
14 Juni 2017, 19:17
Migas
Dok. Chevron

PT Pertamina mengisyaratkan tetap mengambilalih kelola delapan blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir kontraknya. Keputusan ini diambil setelah melakukan kajian keekonomian terhadap blok-blok yang ditugaskan pemerintah itu.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan segera merampungkan kajian tersebut dan menyerahkan hasilnya kepada pemerintah. "Akhir bulan ini kami kirim jawaban, tapi kelihatannya ambil semuanya," kata Elia di Jakarta, Rabu (14/6).

Advertisement

(Baca: Akhir Juni, Batas Waktu Pertamina Rampungkan Kajian 8 Blok Migas)

Kajian ini sebenarnya penting untuk membuat syarat dan kentetuan yang ada dalam kontrak nanti. Apalagi pemerintah menginginkan ke depalan blok yang sudah ditugaskan kepada PT Pertamina (Persero) menggunakan skema gross split.

Pada Januari lalu, pemerintah telah menugaskan Pertamina mengelola delapan blok migas yang akan habis masa kontraknya. Kedelapan blok migas tersebut adalah Blok Sanga-Sanga, South East Sumatera, NSO, Tengah, East Kalimantan, Ogan Komering, Tuban, dan Attaka. Blok-blok tersebut merupakan blok yang akan habis kontrak pada tahun depan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement