Setelah Kioson, E-commerce M-Cash Bersiap Masuk Bursa

Miftah Ardhian
11 September 2017, 12:49
Digital e-commerce
Arief Kamaludin | KATADATA

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan sedikitnya dua perusahaan digital yang bergerak di sektor e-commerce akan melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) tahun ini. Setelah Kioson yang melangsungkan aksi korporasi tersebut, kali ini giliran Mcash yang akan menyusulnya.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, Kioson dan Mcash akan melakukan IPO tahun ini. Keduanya pun dinilai bukan merupakan bentuk startup yang baru dirintis. Karenanya, aturan IPO mengikuti yang telah berlaku saat ini. 

"Belum ada aturan khusus yang diberikan kepada mereka," ujarnya saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (11/9). (Baca: Startup Pertama Masuk Bursa, Kioson Bidik Dana Segar Rp 45 Miliar)

Samsul kembali menjelaskan, dengan mengacu pada aturan yang ada, kedua perusahaan ini nantinya akan dimasukkan ke sektor retail. Pertimbangannya, jenis usaha mereka yakni sebagai penyedia sarana transaksi retail ke bentuk digital.

Barang-barang yang mereka jual pun adalah barang-barang retail kebutuhan masyarakat sehari-hari, seperti pembelian pulsa secara online. Kedua perusahaan e-commerce ini dinilai tidak dimasukkan dalam sektor teknologi karena untuk menentukan bidang usaha di bursa saat ini dilihat dari pendapatan terbesarnya. 

"Nah, pendapatan terbesar mereka dari retail," ujar Samsul. (Baca juga: OJK Turunkan Batasan Aset IPO agar Startup Bisa Masuk Bursa)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...