Kolaborasi Fintech dan Bank Akan Genjot Penyaluran Kredit

Miftah Ardhian
13 September 2017, 17:04
BCA
Arief Kamaludin|KATADATA

Perkembangan perusahaan rintisan (startup) bidang financial technology (fintech) cukup massif di Indonesia. Perbankan diharapkan dapat berkolaborasi dengan fintech untuk semakin meningkatkan penyaluran kredit.

Senior Executive Vice President of Strategic Information Technology Bank BCA Hermawan Thendean mengatakan, terdapat kekurangan perbankan yang dapat disiasati dengan bekerja sama dengan fintech dan sebaliknya.

Advertisement

Hermawan mengatakan meski saat ini hampir 50% penduduk Indonesia telah menggunakan internet, pihak perbankan tak mudah memberikan pelayanan teknologi digital karena terhambat regulasi. (Baca: Keuntungan Tinggi, BCA Sabet Penghargaan Bank Terbaik di Asia)

"Ini yang agak susah untuk memenuhi kebutuhan itu. Kekosongan inilah yang diisi fintech dengan fitur yang baik, menarik, dan berbiaya murah," ujar Hermawan saat ditemui di Menara BCA, Jakarta, Rabu (12/9). (Baca juga: Ditekan Kredit Seret, BCA Raup Laba Kuartal I Rp 5 Triliun)

Kolaborasi BCA lewat fintech dalam bentuk pendirian Central Capital Ventura (CCV). Bank BCA akan menginvestasikan dana sekitar Rp 200 miliar untuk para startup yang bergerak di bidang fintech ini guna membantu dari sisi permodalan.

(Baca: OJK Wajibkan Fintech Pinjam-Meminjam Miliki Sistem Data Nasabah)

Selain memiliki kekurangan, bank mempunyai beberapa keunggulan yang tak dimiliki fintech. Perbankan merupakan pihak yang memiliki lisensi untuk memindahkan dana. Bank juga telah lebih mapan dalam menjalankan usahanya dengan modal yang besar, nasabah yang sudah banyak, branding, memiliki kantor fisik, dan pengalaman dalam menjalankan prosedur terkait sistem keamanan dan itegritas produknya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement