Bertambah Lagi, Enam Wilayah Akan Nikmati BBM Satu Harga

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Yuliawati

18/10/2017, 15.05 WIB

Enam wilayah yang akan menikmati BBM satu harga tersebar di Sulawesi, Bali, Papua, dan Kalimantan.

Pertamina
Pertamina
Ilustrasi. Pemerintah menargetkan pembangunan 54 titik BBM satu harga sepanjang 2017.

Pemerintah akan meresmikan enam wilayah baru yang menikmati BBM satu harga pada Oktober-November tahun ini. Enam wilayah ini merupakan bagian dari target 54 titik pembangunan BBM satu harga sepanjang 2017.

"Ada enam wilayah yang akan diresmikan, sehingga total BBM satu harga mencapai 32 Wilayah," kata Anggota Komite BPH Migas Henry Ahmad dia di kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (18/10).

Dengan beroperasinya lembaga penyalur BBM maka masyarakat setempat dapat menikmati BBM sesuai harga yang telah ditetapkan pemerintah, yakni premium sebesar Rp 6.450 per liter dan Rp 5.150 per liter untuk solar.

(Baca: Masyarakat Kabupaten Sambas Akhirnya Nikmati BBM Satu Harga)

Mengacu peta jalan program BBM satu harga, tahun ini target pengoperasian lembaga penyalur BBM satu harga sebanyak 54 titik, lalu menyusul di tahun 2018 sebanyak 50 titik, dan 46 titik pada 2019. Sehingga total lembaga penyalur BBM hingga 2019 mencapai 150 titik.

BPH migas menargetkan hingga akhir tahun pembangunan BBM satu harga akan tercapai sebanyak 54 titik, sesuai dengan target tahun ini. 

Dari data BPH Migas enam titik tersebut tersebar di Sulawesi, Bali, Papua, dan Kalimantan. Rinciannya sebagai berikut.

Pertama, satu unit SPBU kompak di Kabupaten Talaud kecamatan Kabaruan Sulawesi Utara. SPBU telah selesai 100%, namun saat ini masih dalam proses menunggu izin operasi dari pemerintah setempat. Rencana diresmikan pada 19-20 Oktober 2017.

(Baca: Jonan Akan Ubah Syarat Badan Usaha Jual BBM Premium)

Kedua, satu unit SPBU di Kabupaten Klungkung kecamatan Nusa Penida Bali yang sudah selesai dibangun.

Saat ini SPBU masih dalam proses pemeriksaan aspek kesehatan, keselamatan kerja, keamanan dan lindungan lingkungan (Health, Safety, Security and Environment/HSSE). Rencana diresmikan 2-3 November 2017.

Ketiga, satu unit SPBU Kompak di Kabupaten Pegunungan bintang kecamatan Oksibil Papua. Pembangunan SPBU sudah selesai, namun saat ini masih dalam proses perbaikan HSSE. Rencana Diresmikan 9-10 November 2017.

Keempat, satu unit SPBU kompak di Kabupaten Tambrauw Kecamatan Suasapor Papua Barat. Saat ini sudah selesai dibangun dan tengah dilakukan perbaikan HSSE. Diresmikan pada 9-10 November 2017.

Kelima, satu unit SPBU Mini di Kabupaten Berau kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Utara. Pembangun SPBU sudah 100 persen, saat ini sedang proses perbaikan HSSE dan tera pada SPBU. Rencana Diresmikan pada 27-28 November 2017.

Keenam, satu unit SPBU kompak di Kepulauan Riau, Natuna. Rencananya akan diresmikan pada 14 November 2017.

(Baca: Pertamina dan AKR Dapat Penugasan BBM Satu Harga)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha