Jokowi Minta Kepala Daerah Arahkan APBD untuk Program Padat Karya

Ameidyo Daud Nasution
24 Oktober 2017, 19:30
jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah memperbanyak proyek padat karya yang bisa membuka banyak lapangan pekerjaan. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat, agar perekonomian daerahnya bisa terdongkrak..

Berdasarkan hasil survei yang dia dapat, permintaan masyarakat akan meningkat, utamanya karena ada kesempatan kerja. Hal ini bisa didorong oleh Pemda melalui anggarannya masing-masing. Oleh sebab itu dia memerintahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) lebih disasar untuk program padat karya.

"Karena padat karya akan menyerap tenaga kerja banyak sekali," kata Jokowi saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Pemerintah (RKP) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10).

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengarahkan anggaran ke program padat karya. Salah satunya Pemerintah Kabupaten bisa mendorong perbaikan sistem irigasi dengan melibatkan masyarakat untuk bekerja. Demikian juga untuk proyek jalan. Tidak perlu pakai aspal atau hotmix, tapi dengan mempekerjakan banyak orang.

‎Menurut Presiden, yang diinginkan sekarang ini adalah cash for work (uang untuk masyarakat bekerja). Dia mencontohkan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), yakni dengan memberikan dana tunai kepada masyarakat, tetapi masyarakat harus bekerja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...