BPJT Targetkan Sistem Tol Tanpa Berhenti Diterapkan Tahun Depan

Miftah Ardhian
27 Oktober 2017, 18:45
Antre Gerbang Tol
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cibubur di jalan tol Jagorawi, Jakarta Timur, Rabu (15/3). Data Ditlantas Polda Metro Jaya menunjukkan pertumbuhan kendaraan bermotor yang mencapai 7 persen hingga 9 persen per tahun menjadi salah satu penyeba

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah melakukan kajian terkait teknologi yang akan digunakan untuk mengoperasikan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau pembayaran tol tanpa henti. Artinya, pengguna tidak harus menghentikan kendaraan di gerbang tol.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Wahyudi Mandala Putra mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sistem MLFF tersebut agar bisa diterapkan paling lambat akhir tahun 2018. Salah satu persiapan yang tengah dilakukan yakni mengkaji teknologi yang akan diterapkan untuk mendukung sistem tersebut.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang akan segera menerapkan system tersebut untuk program jalan berbayar secara elektronik atau elektronik road pricing (ERP). BPJT ingin agar teknologi yang digunakan di jalan tol dan ERP bisa terintgrasi. Sehingga, tidak perlu adanya hal-hal bersifat teknis yang dilakukan dua kali oleh pengemudi atau pemilik kendaraan.

“Kami mau cari teknologi yang bisa dipakai semua,” ujar Wahyudi saat ditemui usai acara diskusi Gerakan Nasional Non Tunai, di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Jumat (27/10).

(Baca: Pemerintah Berlakukan Satu Tarif di Tol Jagorawi )

Salah satu yang juga tengah dipersiapkan adalah pelaksanaan lelang penyelenggara teknologi tersebut. Nantinya, akan ada gabungan perusahaan (konsorsium) terpilih yang berhak untuk menyelenggarakan sistem MLFF di jalan tol tersebut. Namun, Wahyudi enggan membeberkan lebih jauh terkait dengan lelang tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...