Medco Optimistis Produksi Migas Tahun Ini Bisa Lewati Target

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

6/11/2017, 16.44 WIB

Produksi migas Medco pada Semester I 2017 sudah mencapai 89,8 ribu barel setara minyak per hari (bsmph).

Medco
Medco
Medco

PT Medco Energi International Tbk optimistis produksi minyak dan gas bumi (migas) dapat melampaui target tahun ini. Kontribusi terbesar yang menyumbang produksi migas Medco tahun ini berasal dari Natuna Sea Blok B South Natuna. 

Chief Financial Officer Medco Anthony Mathias mengatakan hingga akhir tahun perusahaaannya menargetkan produksi bisa melampaui target di atas 85 ribu bsmph. "Dewan direksi lebih memilih memberikan angka yang dibisa diandalkan ketimbang memberi janji-janji yang tidak bisa dipenuhi,” kata dia dalam paparan publik Medco di Jakarta, Senin (6/11).

Adapun produksi migas Medco pada Semester I 2017 sudah mencapai 89,8 ribu barel setara minyak per hari (bsmph). Rinciannya produksi minyak 35,5 ribu barel per hari (bph) dan gas 290,6 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

Capaian produksi tersebut  naik 40,4% dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lau sebesar 64 ribu bsmph.  Adapun target produksi migas Medco tahun ini adalah 85 ribu bsmph.

Direktur sekaligus Chief Operating Officer (COO) Medco Ronald Gunawan mengatakan kontribusi dari South Natuna Sea Blok B pada capaian produksi migas Medco merupakan yang paling signifikan. Sejak awal Januari hingga akhir Juni 2017, produksi dari blok tersebut mencapai 60,8 ribu bsmph.

Selain itu, ada kontribusi beberapa blok migas lainnya yang juga turut mendukung capaian produksi Medco tahun ini. Diantaranya dari tiga blok migas yang ada di Sumatera Selatan.

Blok Rimau misalnya, pada semester I 2017 produksinya mencapai 10 ribu bsmph, lalu Blok South Sumatera pada semester i 2017 mencapai produksi sebesar 18,4 ribu bsmph. Lalu ada Blok Lematang sebesar 5,3 ribu bsmph.  Ada juga kontribusi dari Lapangan gas Senoro di Sulawesi Tengah, sepanjang semester I 2017  produksinya mencapai 307 mmscfd.

Di sisi lain Medco juga tengah merampungkan proyek pengembangan gas di Blok A, Aceh. Pembangunan fasilitas produksi gas di lapangan itu kini sudah mencapai 60%. Targetnya proyek itu bisa berproduksi mulai tahun depan. Proyek ini akan mendukung produksi migas Medco pada tahun depan. 

Tidak hanya menyiapkan fasilitas produksi, Medco juga sudah menandatangani perjanjian jual-beli gas (PJBG) dengan PT Pertamina (Persero) pada Januari 2015 sebesar 58 miliar British thermal unit (BBTU) per hari, dengan volume gas sebesar 198 Triliun BTU selama periode 13 tahun. Gas ini akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan pabrik pupuk dan industri di Propinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara itu dalam pengoperasian hulu migas, Medco menargetkan  bisa menekan biaya operasi dibawah US$ 10 per barel oil equivalent (boe). Adapun sepanjang semester I 2017, Biaya operasional di Medco hanya US$8,97 per boe.

CEO Medco Roberto Lorato menargetkan hingga akhir tahun perusahaan bisa memperoleh keuntungan terkait peningkatan produksi migas Medco tahun ini. "Produksi tinggi ini diuntungkan dengan meningkatnya harga minyak," kata dia.

Dari data Medco, perusahaan itu mencatat sepanjang semester I 2017 realisasi harga minyak sebesar US$ 49,3 per barel, meningkat dibandingkan realisasi di periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 38,3 per barel. Begitu juga dengan harga gas, Medco mencatat sepanjang semester I 2017 harga gas sebesar US$ 5,6 per mmbtu, meningkat  dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 4,2 per mmbtu.

(Baca: Harga Minyak Naik, Laba Medco Semester I Melonjak 7 Kali Lipat)

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasinya untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2017, Medco berhasil meraup laba bersih US$ 80,7 juta. Ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$11,3 juta.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan