Investasi E-Commerce Sumbang Surplus Neraca Pembayaran US$ 5,4 Miliar

Desy Setyowati
10 November 2017, 20:24
Digital e-commerce
Arief Kamaludin | KATADATA

 Bank Indonesia (BI) mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) surplus US$ 5,4 miliar pada kuartal III 2017 lalu. Realisasi ini meningkat hampir delapan kali lipat dibandingkan surplus kuartal sebelumnya yang hanya US$ 700 juta. Kondisi ini membuat cadangan devisa Indonesia melonjak ke level tertingginya sepanjang masa yaitu US$ 129,4 miliar pada akhir September 2017.

Secara garis besar, surplus terjadi karena defisit pada transaksi berjalan (current account defisit/CAD) menurun disokong surplus neraca perdagangan barang. Sedangkan surplus pada transaksi modal dan finansial naik drastis imbas derasnya arus masuk investasi asing langsung, di antaranya di bidang e-commerce. (Baca juga: Modal Tiongkok Guyur Startup Lokal)

Defisit transaksi berjalan tercatat hanya US$ 4,3 miliar atau 1,65% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya US$ 4,8 miliar atau 1,91% terhadap PDB.

Neraca transaksi berjalan ini merangkum transaksi perdagangan internasional (ekspor dan impor) barang dan jasa, pendapatan investasi, pembayaran cicilan dan pokok utang luar negeri (ULN), serta saldo kiriman dan transfer uang dari dan ke luar negeri.

BI menjelaskan, penurunan defisit transaksi berjalan utamanya karena kenaikan surplus neraca perdagangan barang didorong oleh meningkatnya ekspor, baik secara nilai maupun volume. Transaksi perdagangan barang mengalami surplus US$ 5,3 miliar, atau meningkat US$ 500 juta dibandingkan kuartal sebelumnya. (Baca juga: Konsumsi Berisiko Masih Lemah, BI Andalkan Ekspor dan Investasi)

“Perbaikan kinerja neraca perdagangan barang tersebut dipengaruhi oleh peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas yang disertai dengan penurunan defisit neraca perdagangan migas,” demikian dikutip dari laporan NPI yang dilansir BI, Jumat (10/11). Sementara itu, defisit transaksi jasa tercatat naik tipis menjadi US$ 2,2 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...