Mangkir Pemeriksaan, Setnov Kembali Minta KPK Izin ke Presiden

Dimas Jarot Bayu
13 November 2017, 11:30
Setya Novanto
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Ketua DPR Setya Novanto menjadi saksi dalam sidang korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (3/11).

Ketua DPR RI Setya Novanto kembali mangkir dari pemeriksaan yang dijadwalkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (13/11). Setya Novanto kembali beralasan pemeriksaan terhadapnya harus berdasarkan izin Presiden RI Joko Widodo.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya pagi ini telah mendapatkan surat pemberitahuan dari Novanto perihal ketidakhadirannya. Rencananya Setya Novanto akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

Advertisement

"Pagi ini KPK menerima surat terkait dengan ketidakhadiran Setya Novanto sebagai saksi untuk tersangka ASS," kata Febri ketika dikonfirmasi, Senin (13/11). (Baca: Jadi Tersangka, Setya Novanto Kembali 'Serang Balik' Pejabat KPK)

Alasan permintaan izin dari Presiden Jokowi pernah digunakan Setya Novanto ketika mangkir dalam jadwal pemeriksaan pada Senin (6/11). Ketika itu, KPK menerima surat dari Sekretaris Jenderal DPR RI yang menyatakan bahwa Novanto tak dapat memenuhi panggilan KPK. "Alasan yang digunakan adalah terkait izin presiden," kata Febri.

Setya Novanto yang meminta izin dari Presiden Jokowi sebelumnya mendapat tanggapan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalla mengatakan KPK tidak membutuhkan izin Jokowi dan berharap Setnov menaati proses hukum yang dihadapinya. 

KPK menjadwalkan pemeriksaan hari ini karena masih membutuhkan keterangan Novanto untuk melengkapi berkas perkara Anang. Anang merupakan tersangka dalam kasus korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

(Baca: KPK Resmi Umumkan Setnov Kembali Jadi Tersangka Korupsi e-KTP)

Anang diduga melakukan korupsi e-KTP bersama Setya Novanto, pengusaha Andi Agustinus atau Andi Narogong, eks Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Irman, dan eks Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemendagri Sugiharto. Anang diduga berperan dalam penyerahan uang kepada Novanto dan sejumlah anggota DPR lainnya melalui Andi Narogong.

Sugiharto pernah menyatakan bahwa Anang menyiapkan uang sejumlah US$ 500 ribu dan Rp 1 miliar yang diserahkan kepada Miryam S Haryani. Anang juga diduga membantu penyediaan uang tambahan untuk bantuan hukum Ditjen Dukcapil sebesar Rp 2 miliar dan kebutuhan lainnya terkait proses proyek e-KTP.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement