DPRD Kritik Anggaran Tim Gubernur Anies-Sandi Capai Rp 28 Miliar

Dimas Jarot Bayu
21 November 2017, 19:14
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/10).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengkritik anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) pemerintah provinsi DKI Jakarta. Anggaran TGUPP mencapai Rp 28 miliar pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2018 yang diajukan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Anggaran TGUPP tercatat dalam draft anggaran sebesar Rp 2,3 miliar. Namun, setelah melalui pembahasan antara Anies-Sandi dengan badan anggaran DPRD DKI Jakarta pada Senin (20/11), TGUPP melonjak menjadi Rp 28 miliar.

"Ini kenaikan yang sangat fantastis," kata Gembong dihubungi Katadata, Selasa (21/11).  (Baca: Anies-Sandi Bakal Manfaatkan Pulau Reklamasi Teluk Jakarta)

Berdasarkan situs apbd.jakarta.go.id, anggaran TGUPP sebagian besar untuk membayar honorarium ketua dan anggota TGUPP yang mencapai Rp 26,379 miliar.

Rinciannya, honorarium untuk 14 ketua TGUPP yang masing-masing mendapat Rp 27,9 juta per bulan. Pembayaran untuk 13 bulan ke depan menjadi Rp 5,077 miliar.

Selain ketua, TGPUP merekrut 60 anggota tim yang masing-masing mendapat honorarium Rp 24,93 juta per bulan. Pembayaran selama 13 bulan anggota tim ini menyedot dana Rp 19,445 miliar.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...