Hampir Rampung, Pembangunan Bandara Kertajati Capai 80%

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2017, 20:42
Bandara Kertajati
Akbar Nugroho Gumay|ANTARA FOTO
Pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Jumat (24/2). Bandara tersebut ditargetkan sudah beroperasional pada Juni 2018.

Pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, berjalan sesuai jadwal. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas Ekaputra di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (21/12).

Virda mengatakan pembangunan bandara ini akan dikejar agar bisa dioperasikan perdananya sesuai jadwal. Bahkan ditargetkan penerbangan kloter pertama haji akan berangkat dari bandara ini mulai tahun depan. "April itu soft opening-nya," kata Virda.

Advertisement

(Baca: AP II Siapkan Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Tahun Depan)

Dia menjelaskan paling tidak ada 14 rute pernebangan yang siap dibuka dari dan ke bandara internasional teranyar ini. Bahkan hampir seluruh maskapai beroperasi di Indonesia mau melayani penerbangan bandara Kertajati. Tinggal AirAsia saja yang belum siap.

Terkait pengelolaan bandara tersebut, Virda mengungkapkan saat ini perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) antara BIJB dengan PT Angkasa Pura II (Persero) belum selesai. Hal ini masih harusmenunggu pembahasan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

(Baca: Bandara Kertajati Terhambat KSO BIJB - Angkasa Pura)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement