Jokowi Ajak Masyarakat Awasi Program BBM Satu Harga

Ameidyo Daud Nasution
22 Desember 2017, 12:23
Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat mengawasi pelaksanaan program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga. Hal ini dikatakan dirinya usai meninjau lokasi lahan untuk pembangunan Bandara Douw Aturure di Nabire, Provinsi Papua kemarin.

Jokowi menjanjikan akan menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai pelanggaran dan permasalahan yang dilaporkan masyarakat dalam pelaksanaan program BBM Satu Harga. Dia juga mengaku akan turun langsung untuk mengatasinya.

Advertisement

"Tolong lapor atau cek di lapangan, kami akan perbaiki," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jumat (23/12).

Jokowi bahkan telah meminta bawahannya serta PT Pertamina (Persero) untuk mengawasi program BBM satu harga ini. Namun, peran masyarakat masih sangat dibutuhkan, karena Pertamina juga tidak mendapat informasi mengenai permasalahan BBM satu harga. Bahkan, Jokowi mengaku selama ini tidak mendapatkan laporan.

(Lihat Ekonografik: BBM Satu Harga Semakin Merata)

Program BBM Satu Harga diberlakukan di banyak titik wilayah Indonesia, khususnya daerah yang selama ini mendapatkan harga BBM yang mahal. Jokowi menyampaikan selain Papua, BBM satu harga diberlakukan di Maluku Utara hingga Kalimantan Utara.

Sebelumnya Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) Lenis Kogoya menuding penyaluran Bahan Bakar Minyak menggunakan pesawat di wilayah Nabire, Papua masih terhambat izin Menteri Pehubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Hal ini diklaimnya membuat kebijakan BBM satu harga di Papua belum efektif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement