BCA dan BNI Buka Terbatas Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

23/12/2017, 07.00 WIB

Selama masa liburan, nasabah tetap dilayani dengan jaringan elektronik seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking, dan internet.

BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin

PT Bank Central Asia (BCA) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) akan membuka sebagian kantor cabangnya pada masa liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Namun layanan yang diberikan terbatas, seperti untuk pembayaran setoran pajak saja.

Dalam keterangan persnya, BCA menyampaikan bahwa pada 23-24 Desember hanya cabang akhir pekan (weekend) saja yang beroperasi. Lalu pada saat Natal, 25 Desember hingga 26 Desember, seluruh cabang tutup. Seluruh cabang akan beroperasi secara normal pada 27 Desember.

"Para nasabah tetap dilayani (pada saat libur) dengan jaringan elektronik seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking, dan internet," demikian dikutip dalam keterangan pers BCA, Jumat (22/12).

Kemudian pada 30-31 Desember hanya cabang akhir pekan yang beroperasi. Ini pun terbatas hanya untuk penerimaan setoran negara atau membayar pajak. Sementara, pada saat tahun baru seluruh cabang tidak beroperasi. Seluruh cabang akan kembali normal beroperasi pada 2 Januari 2018.

(Baca juga: BCA Siapkan Uang Elektronik Tanpa Top-Up untuk Bayar Tol

Sementara itu, BNI berencana akan mengoperasikan 202 outlet untuk memberikan layanan perbankan berupa  setoran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan non BBM Pertamina. Outlet-outlet ini juga aktif untuk setoran atau penarikan rekening, pemindahbukuan antar rekening hingga menyediakan layanan setoran penerimaan megara.

"Operasional terbatas yang dilaksanakan BNI tersebut tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang hendak bertransaksi pada masa liburan akhir tahun, sejak 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018," kata Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob Tyasika Ananta dalam siaran pers.

BNI tetap mengoperasikan kantor cabang sebanyak 21 hingga 202 outlet di seluruh Indonesia, pada hari-hari libur sepanjang periode liburan panjang Natal 2017 dan Perayaan Tahun Baru 2018. "Sepanjang masa liburan itu, BNI hanya meliburkan seluruh operasionalnya pada 31 Desember 2017," kata dia.

Cabang akhir pekan atau Weekend Banking BNI beroperasi di 76 outlet pada 23 Desember 2017 dan 21 outlet pada 24 Desember 2017. Operasional terbatas di 77 outlet, juga dilaksanakan pada 25 dan 26 Desember 2017. Pelayanan yang diberikan meliputi setoran BBM dan Non BBM, setoran atau penarikan rekening, dan pemindahbukuan antar rekening BNI.

(Baca juga:  BCA Prediksi Pertumbuhan Kredit Capai 10% Tahun Ini)

Lalu sehari sebelum perayaan tahun baru 2018, 202 outlet BNI tetap beroperasi secara terbatas dengan memberikan layanan serupa plus setoran pajak. Operasional terbatas juga dilaksanakan pada 1 Januari 2018 di 77 outlet untuk layanan sejenis.

“Operasional akan kembali berjalan normal pada 2 Januari 2017. Kami pun menyiapkan sejumlah uang tunai untuk memenuhi kebutuhan transaksi yang diperlukan oleh masyarakat selama masa liburan akhir tahun yang kami perkirakan meningkat 10%,” ujar Bob.

BNI memperkirakan kebutuhan uang tunai menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mencapai sekitar Rp 9,72 triliun. BNI menegaskan akan memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan uang tunai selama masa liburan Natal dan Tahun Baru tersebut.

(Baca juga: BNI Akan Miliki Perusahaan Modal Ventura Tahun Depan)

Jadwal operasional bank-bank tersebut sesuai dengan Sistem Kliring Nasional (SKN) yang diatur Bank Indonesia (BI). Sementara, operasional Sistem BI-RTGS (Bank Indonesia – Real Time Gross Settlement), BI-SSSS (Bank Indonesia – Scripless Securities Settlement System), dan BI-ETP  (Bank Indonesia – Electronic Trading Platform)  telah disesuaikan dengan pedoman Pemerintah terkait hari libur nasional dan cuti bersama 2017 dan penyediaan infrastruktur bagi kepentingan transaksi perbankan masyarakat.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan