Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Akan Difungsikan Lebaran 2018

Ameidyo Daud Nasution
3 Januari 2018, 16:23
Trans Sumatera
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Kendaraan melintas di lokasi pembangunan pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Seksi II Ruas Sidomulyo-Kota Baru di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan, Lampung, Senin (18/12). Pembangunan JTTS Ruas Bakauheni- Terbanggi Besar ditargetkan Selesai pada

PT Hutama Karya (Persero) mengaku sedang mengejar target tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Bakauheni sepanjang 141 kilometer dapat difungsikan sebelum lebaran pada bulan Juni 2018. Hal tersebut dapat dilakukan apabila sisa lahan tol tersebut dapat segera dibebaskan.

Hingga saat ini pembebasan lahan tol di Provinsi Lampung tersebut sekitar 92 persen atau masih kurang 8 persen lagi. "Kalau lahan bisa beres akhir bulan ini, akan kami paksakan fungsional sebelum lebaran," kata Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, Rabu (3/1).

(Baca: Pemerintah Klaim Tol Sumatera Picu Efek Berantai Ekonomi Rp 769 T)

Ngurah mengatakan beberapa kendala dalam pengadaan sisa lahan terjadi lantaran pemilik lahan masih belum setuju harga ganti rugi serta adanya dokumen ganda pemilik lahan. Saat ini perjanjian untuk menalangi pembebasan lahan sudah selesai dengan pemerintah dan telah dibahas bagaimana upaya mempercepat prosesnya.

Dia juga memastikan sebagian dari ruas tol ini, yakni sepanjang 16,5 kilometer sudah selesai dan siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ruas yang akan diresmikan berada di Seksi I dan Seksi II, dari total tiga seksi. Ngurah bahkan mengatakan tol tersebut telah rampung sejak tanggal 20 Desember 2017 lalu. Nantinya ada dua Gerbang Tol yang siap dioperasikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...